Update Covid-19 Pacitan! Satu PDP Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pasien positif Covid-19 di Pacitan bertambah satu menjadi dua orang.

Update Covid-19 Pacitan! Satu PDP Terkonfirmasi Positif Covid-19 Bupati Pacitan Indartato (tengah, depan) mengumumkan temuan kasus kedua COVID-19 dari Pendopo Kabupaten Pacitan, Minggu (26/4/2020). (Antara/istimewa)

    Madiunpos.com, PACITAN -- Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19 di Pacitan, Jawa Timur, bertambah satu. Sehingga total ada dua pasien Covid-1 di kabupaten yang terkenal dengan sebutan Kota 1.001 Gua itu.

    Bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 itu disampaikan langsung Bupati Pacitan, Indartato, melalui siaran pers, Minggu (26/4/2020). Ini setelah Pemkab Pacitan menerima hasil pemeriksaan swab dari Balitbangkes Jakarta. Sebelumnya, pasien positif tersebut berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

    "Hari ini kami prihatin, karena kasus positif Covid-19 terkonfirmasi (lagi) bertambah satu. Jadi semuanya saat ini ada dua pasien [positif]," kata Bupati Indartato dalam siaran persnya yang diumumkan melalui video dan diterima awak media, seperti dilansir Antara.

    Wabah Corona, Seluruh Perjalanan KA yang Lewat Madiun Dibatalkan

    Ia tak menyebut inisial maupun detail alamat pasien kedua Covid-19 tersebut. Bupati hanya mengatakan bahwa penderita sebelumnya berstatus PDP dan berasal dari wilayah Kecamatan Pacitan Kota.

    Proses peningkatan status ini hampir sama dengan pasien 01 Covid-19 Pacitan yang diumumkan 9 April 2020 lalu oleh Bupati. Ia berharap kedua pasien Covid-19 bisa melewati masa isolasi hingga mereka dinyatakan sembuh.

    "Semoga nanti segera sembuh, artinya ketika di swab dua kali semoga hasilnya negatif," ucapnya.

    Larangan Mudik Dimulai, Masih Ada Bus Jakarta Bawa Penumpang ke Pacitan

    Indartato mengatakan kedua pasien tersebut masih menjalani perawatan di RSUD dr. Darsono, Pacitan.

    Terbanyak di Pacitan Kota

    Lebih jauh Bupati Indartato menjelaskan hingga saat ini jumlah pasien berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) ada 11 orang. Dari jumlah tersebut terbanyak berada di Kecamatan Pacitan Kota.

    Namun demikian, kata dia, masyarakat diharapkan tidak panik dan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

    "Sementara ini jumlah PDP-nya menjadi 11, dari jumlah tersebut yang paling banyak berada di Kecamatan Kota, yakni delapan orang, di Kecamatan Ngadirojo satu orang, Kecamatan Tulakan satu orang, dan Kecamatan Pringkuku satu orang," paparnya.

    Pemkab Pacitan Akan Gunakan Pengeras Suara Masjid Kampanyekan Pencegahan Corona

    Pemkab Pacitan telah mengambil langkah untuk mempercepat penanganan Covid-19 di wilayahnya. Salah satunya dengan mengusulkan kepada Pemprov Jatim untuk mendapat tambahan alat rapid test lebih banyak.

    "Pemerintah Kabupaten Pacitan saat ini memesan 800 rapid test dan harapannya klaster-klaster baru bisa segera teridentifikasi dan penanganannya bisa lebih cepat lagi," ucapnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.