Usir Covid-19, Budayawan Pasuruan Kirab Pusaka di Candi Jawi

Kirab benda pusaka berupa Tombak Singkir diikuti puluhan budayawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan perangkat desa.

Usir Covid-19, Budayawan Pasuruan Kirab Pusaka di Candi Jawi Budayawan Pasuruan menggelar kirab benda pusaka untuk Indonesia bebas Covid-19 (Detikcom-Muhajir Arifin)

    Madiunpos.com, PASURUAN -Budayawan Pasuruan, Jawa Timur, melakukan kirab benda pusaka dan potong tumpeng dengan harapan Indonesia segera bebas dari Covid-19.

    Kirab benda pusaka berupa Tombak Singkir dilakukan di Candi Jawi, Dusun Jawi, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Ritual ini diikuti puluhan budayawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan perangkat desa.

    Ritual dimulai dengan mengirab 20 Tombak Singkir. Tombak Singkir merupakan pusaka Tosan Aji yang berfungsi untuk menyingkirkan pageblug (pandemi). Kirab dari pelataran Candi Jawi kemudian mengelilingi Dusun Jawi lalu kembali ke candi. Kirab menempuh jarak sekitar 700 meter.

    5 Soft Skill untuk Mencapai Kesuksesan

    Setelah sampai di candi, kemudian dilakukan pembacaan macapat oleh salah satu budayawan. Setelah itu dilakukan doa bersama dan dilanjutkan pemotongan Tumpeng Kuwat.

    "Doa bersama lintas agama. Berharap agar virus Corona segera hilang dan terakhir," kata Kepala Desa Candiwates, Sultoni, Minggu (22/11/2020).

    Sultoni mengatakan tujuan utama ritual adalah memohon pada Tuhan Yang Maha Esa agar Kabupaten Pasuruan dan Indonesia diselamatkan.

    Berboncengan, 1 Pelajar Meninggal Tertabrak KA Sritanjung di Probolinggo

    "Intinya kita memohon keselamatan dari Allah, cuman kan bisa dengan berbagai cara melakukannya," terang Sultoni.

    Sultoni menegaskan prosesi ritual bertema Perangi Corona dengan Budaya itu dilaksankan dengan mematuhi protokol kesehatan. Jumlah peserta dibatasi.

    "Kita juga harus jaga prokesnya. Kita sama-sama jaga, nggak sempat membeludak pesertanya," pungkas Sultoni.

    Dorong Imunitas Santri Ponpes, Mustika Ratu Bagikan 1.600 Starter Pack Ramuan Herbal



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.