Viral Jenazah Covid-19 Berdarah Tanpa Bola Mata, Ini Penjelasan Dirut RSUD Probolinggo

Sakit bawaan darah tinggi dan stroke membuat pembuluh darah pasien pecah sehingga darah terus mengalir pada jenazah Covid-19 yang keluar dari lubang telinga, hidung, mulut, dan mata.

Viral Jenazah Covid-19 Berdarah Tanpa Bola Mata, Ini Penjelasan Dirut RSUD Probolinggo Plt Dirut RSUD Dr Mochamad Saleh, dr Abraar Khuddah. (Detikcom-M Rofiq)

    Madiunpos.com, PROBOLINGGO - Video viral jenazah pasien Covid-19 di Probolinggo, Jawa Timur, dengan muka berdarah dan tanpa bola mata ternyata hoaks.

    Darah yang berlumuran di wajah jenazah dan seolah tanpa bola mata disebabkan karena pembuluh darah pecah.

    Pasien adalah Mahmuda, 49, warga Dusun Sukun, Desa Alas Tengah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Hasil tes swab pasien dinyatakan positif Covid-19.

    Pilot Pesawat F-16 Lanud Iswahjudi Berhasil Pecahkan Rekor 3.000 Jam Terbang

    "Selain dinyatakan Covid- 19, pasien juga menderita sakit bawaan darah tinggi dan stroke," ujar Plt. Dirut RSUD Dr. Mochamad Saleh, dr. Abraar Khuddah, kepada wartawan, Jumat (6/11/2020).

    Sakit bawaan atau komorbid tersebut, kata Abraar, membuat pembuluh darah pasien pecah sehingga darah terus mengalir keluar dari lubang telinga, hidung, mulut, dan mata. Saat meninggal, darah masih terus mengalir dari lubang di tubuh tersebut.

    "Jadi bukan tidak ada bola matanya, bola matanya tertutup darah dan mengering. Jadi berita itu tidak benar dan hoaks," tegas Abraar.

    Sambut Musim Hujan, Pemkot Madiun Lakukan Mitigasi Bencana

    Abraar menjelaskan seusai SOP Covid-19, jenazah dibungkus plastik dan dimasukkan peti sesuai ukuran jenazah. Namun pengantaran jenazah ada pergantian ambulans, dari ambulans milik RSUD dr. Mohamad Saleh dipindah ke ambulans Pemkab Probolinggo yang mengantar jenazah hingga ke rumah duka.

     

    Pendarahan

    Sebelumnya diberitakan viral video jenazah pasien Covid-19 di Probolinggo mengalami pendarahan di bagian wajah. Bahkan disebut kedua bola mata jenazah tersebut sudah tidak ada dengan darah bercucuran.

    Video viral itu diunggah akun Instagram @ndorobeii sekitar pukul 14.58 WIB. Video berdurasi 10 detik itu memperlihatkan jenazah terbungkus plastik dan kain kafan diletakkan di lantai.

    Heboh Boikot Produk Prancis, Hotman Paris Ngotot Enggak Akan Ganti Nama

    Caption pada video tersebut adalah “Jika MEMANG INFO DEMIKIAN , DIBAWAH INI MAKA PENJARAKAN OKNUM SEBERAT²NYA , mohon izin @polresprobolinggokota chek info validnya terima kasih hormat saya”

    “Jenazah pasien yang 'katanya' kena kopit di Probolinggo setelah dibuka ternyata kedua b0l4 matanya sudah tidak ada, d4r4h pun masih bercucuran.”

    “Petugas sempat melarang melihat jenazah namun pihak keluarga memaksa karena yakin almarhumah tidak punya riwayat kontak dengan pasien kopit”

     

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.