Wah Parah, Limbah Medis Berbahaya Dibuang di Sungai Kedung Rejo Probolinggo

Mahasiswa KKN menemukan limbah medis berjenis B3 di Sungai Kedung Rejo, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

Wah Parah, Limbah Medis Berbahaya Dibuang di Sungai Kedung Rejo Probolinggo Limbah B3 yang ditemukan mahasiswa di sungai. (detik.com)

    Madiunpos.com, PROBOLINGGO – Sekumpulan mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Probolinggo menemukan sampah medis saat sedang melakukan pembersihan di sungai. Sungai yang dibersihkan itu adalah Sungai Kedung Rejo yang berada di Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

    Kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu (23/8/2020), saat mahasiswa Universitas Zainul Hasan Genggong sedang melaksanakan program kerjanya. Penemuan sampah medis ini pun menjadi viral setelah video dan foto-fotonya diunggah ke Facebook melalui akun Dewi Puspa.

    Dalam postingannya, terlihat sekantong limbah medis yang dibungkus karung. Ternyata limbah tersebut tergolong bahan berbahaya dan beracun (B3), seperti dikutip detik.com. Bahan-bahan itu antara lain adalah jarum suntik dan obat-obatan dalam bentuk cairan.

    PDIP Umumkan Cawali Surabaya Pada Jumat Besok, Nama Eri Cahyadi Mencuat

    “Saat melakukan KKN, melakukan giat bersih-bersih sungai, kita menemukan limbah medis seberat sekitar 1 kilogram. Suntikan, botol vaksin dari bahan kaca, kita serahkan ke DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Probolinggo untuk dimusnahkan,” kata Dewi saat dimintai konfirmasi, Senin (24/8/2020).

    Setelah berhasil ditemukan, limbah itu langsung diserahkan ke DLH dan diproses untuk dimusnahkan dengan cara yang benar, sesuai dengan anjuran Menteri Kesehatan. Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Dwi Joko menyebut, pihaknya akan menyerahkan kembali limbah berbahaya tersebut ke rumah sakit setempat untuk dimusnahkan.

    Hingga kini, DLH setempat masih terus mencari pelaku pembuangan limbah medis B3 itu ke sungai. Selain itu, mahasiswa juga menemukan banyak popok bayi yang berserakan di tepi sungai. Mereka menduga sampah-sampah tersebut dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan melemparnya dari atas jembatan.

    Muazin di Surabaya Tega Cabuli Dua Bocah SD

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.