Wajib Dicoba, Makanan Khas Magetan Ini Jarang Dijumpai di Tempat Lain

Kabupaten Magetan memiliki bermacam makanan khas yang memiliki cita rasa tersendiri yang membuat wisatawan wajib mencicipinya.

Wajib Dicoba, Makanan Khas Magetan Ini Jarang Dijumpai di Tempat Lain Seporsi sate kelinci. (merahgrup.com)

    Madiunpos.com, MAGETAN -- Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dikenal dengan memiliki beragam olahan dan jajanan menarik yang bisa menjadi buah tangan bagi para pengunjung. Setelah mengunjungi beberapa wisata di Magetan, tak ada salahnya mampir dan mencicipi oleh-oleh khas Magetan.

    Rasa dan jenis makanan di Magetan memiliki ciri khas dan menjadi identitas daerah tersebut. Makanan khas atau oleh-oleh ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau dan pastinya memiliki ciri khas yang tidak bisa dijumpai di tempat lain:

    Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Magetan paling populer dan memiliki ciri khas yang telah dirangkum Madiunpos.com dari berbagai sumber:

    Enam Jenis Asupan Ini Perlu Dihindari Penderita Asam Lambung

    1. Sate Kelinci

    Magetan sangat terkenal dengan sate kelincinya. Banyak warung –warung di pinggir jalan yang menjual sate kelinci yang disajikan dengan lontong dan bumbu pecel.

    Cita rasa sate kelinci khas Magetan sangat nikmat, dengan dikombinasikannya bumbu pecel dan kecap. Selain di tempat-tempat wisata seperti di Telaga Sarangan, banyak juga desa-desa di Magetan yang menjual sate kelinci. Terkadang penjual menjajakan dengan gerobak dan dijual keliling.

    Seporsi sate kelinci. (merahgrup.com)
    1. Ayam Panggang Gandu

    Desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, disebut sebagai sebagai sentra ayam panggang. Mayoritas warga di desa ini memproduksi ayam panggan dan menjualnya langsung di rumah  masing-masing.

    Salah satu ayam panggang Gandu yang terkenal adalah milik Bu Setu. Ayam yang digunakan oleh Bu Setu merupakan ayam kampung yang diolah dengan cara tradisional, yaitu diletakkan di atas tungku tanah liat berbahan bakar kayu.

    Ayam panggang milik Bu Setu menyediakan dua varian bumbu, yaitu bumbu pedas dan bumbu gurih. Ditambah dengan sambal terasi, sambal bawang, lalapan dan nasi putih pasti akan membuat Anda ketagihan.

    Ayam panggang Gandu (sewarga.com)

    Warkop di Nganjuk Sediakan Layanan Esek-Esek, Ada Bilik di Belakang Warung

    1. Jenang Candi

    Jenang candi adalah salah satu oleh-oleh wajib dari Magetan. Memang, camilan ini bisa ditemukan di daerah lainnya. Namun, juga memiliki ciri khas yakni warnanya jauh lebih cokelat atau gelap dibandingkan yang lain. Rasa makanan manis itu cocok disajikan saat ngobrol santai dengan keluarga.

    Selain warna sangat pekat, di atas jenang tersebut diberi taburan wijen sehingga makin terasa kekhasannya. Rasa unik jenang tercipta karena adanya tambahan gula jawa. Harga satu kotak oleh-oleh khas Magetan ini cukup terjangkau yaitu Rp 38.000 saja.

    Jenang candi. (republikseo.net)
    1. Jerangking

    Hampir sama dengan kerupuk lempeng, namun kerupuk jerangking ini terbuat dari beras ketan. Kerupuk ini diolah dengan dipanggang sehingga bentuknya akan sedikit merah dan gosong. Tanpa ditambah penyedap, kerupuk ini sudah menyajikan rasa gurih alami yang disukai.

    Untuk membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh khas Magetan, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 hingga Rp20.000 saja untuk 40 biji jerangking.

    Jerangking. (faktakita.com)

    Jadi Desa Tangap Bencana Terbaik Se-Jatim, Begini Profil Desa Durenan Madiun



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.