Enam Jenis Asupan Ini Perlu Dihindari Penderita Asam Lambung

Gerd atau asam lambung adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Agar asam lambung tidak kumat, ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari bagi penderitanya.

Enam Jenis Asupan Ini Perlu Dihindari Penderita Asam Lambung Makanan tinggi lemak harus dihindari oleh penderita asam lambung. (hellosehat.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Gerd atau gastroesophageal reflux disease adalah suatu kondisi di mana isi lambung secara teratur naik kembali ke kerongkongan. Dalam istilah awam, keadaan ini kerap disebut penyakit maag atau asam lambung.

    Penyakit gerd berhubungan dengan sistem pencernaan. Pola makan adalah kunci penting dalam gaya hidup yang sehat. Hal ini membuat pemilihan pola makan sangat penting bagi penderita GERD.

    Berikut pantangan makan bagi penderita GERD yang dirangkum dari detik.com,  Senin (12/10/2020):

    Warkop di Nganjuk Sediakan Layanan Esek-Esek, Ada Bilik di Belakang Warung

    1. Soda

    Bukan hanya untuk penderita gerd, soda juga tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Minuman berkarbonasi ini bisa menyebabkan distensi lambung yang bisa menyebabkan asam lambung.

    1. Bawang

    Bawang-bawangan juga bisa memperburuk refluks asam pada pengidap gerd. Selain itu, bawang mengandung serat yang tinggi dan dapat difermentasi, sehingga menyebabkan sendawa.

    1. Tomat

    Tomat terkenal sangat baik untuk tubuh, terutama kulit. Tapi, tomat termasuk sebagai makanan yang harus dihindari untuk pengidap asam lambung atau gerd ini.

    Rasa asam yang ada pada tomat bisa memicu refluks. Entah saat dimakan mentah ataupun setelah sudah menjadi olahan seperti saos.

    Ini Alasan Gadis di Surabaya Terlibat Aksi Begal HP

    1. Makanan Berlemak

    Makanan berlemak ini bukan hanya makanan cepat saji, gorengan, atau makanan yang memiliki lemak jahat lainnya. Tapi, makanan dengan lemak sehat seperti alpukat, kacang, dan keju juga harus dihindari.

    Makanan yang mengandung lemak bisa membuat asam lambung bocor dan menyebabkan gerd. Makanan ini juga akan bertahan lebih lama di perut dan sulit dicerna dengan baik oleh tubuh.

    1. Makanan Pedas

    Makanan pedas merupakan jenis makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik. Makanan ini akan memicu gejala mulas pada sebagian orang. Hindari konsumsi makanan yang pedas jika Anda beresiko terkena asam lambung.

    1. Minuman Berkafein

    Penderita gangguan lambung atau gerd memang sangat dianjurkan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi kafein agar tidak memperparah keadaan lambung. Pasalnya, kafein bisa memicu produksi asam lambung. Kafein yang berlebihan juga dapat menyebabkan melonggarnya otot kerongkongan dan mengiritasi dinding lambung.

    Pengusaha Solo Robby Sumampouw Meninggal Dunia

     

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.