Warga Jombang Berburu Uang Kuno di Sawah, 1 Kg Dihargai Rp100.000

Uang kuno yang diburu warga berlubang di bagian tengah berbentuk persegi. Tidak jelas ukiran pada uang tersebut karena sudah berkarat.

Warga Jombang Berburu Uang Kuno di Sawah, 1 Kg Dihargai Rp100.000 Warga menunjukkan yang kuno yang diperolehnya di sawah di Jombang, Jawa Timur, Senin (12/10/2020). (Detikcom-Enggran Eko Budianto)

    Madiunpos.com, JOMBANG - Warga Dusun Mojounggul, Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur, berburu uang kuno di sawah. Uang kuno tersebut laku dijual Rp100.000 per kilogram.

    Perburuan uang kuno ini dilakukan warga di sawah milik Samari, 50. Selama kemarau, sawah tadah hujan ini memang tidak ditanami.

    Berbekal cangkul dan linggis, warga menggali sawah tersebut di beberapa lokasi. Selanjutnya mereka mengorek tanah menggunakan tangan untuk menemukan uang kuno. Seperti yang dilakukan Pitono, 40.

    Kecelakaan Libatkan 3 Kendaraan di Pasuruan, Warga Malang Meninggal

    "Sudah dua minggu terakhir warga ramai-ramai mencari koin kuno," kata Pitono kepada wartawan di lokasi, Senin (12/10/2020).

    Uang kuno yang diburu Pitono dan warga lainnya berlubang di bagian tengah. Lubang uang ini berbentuk persegi. Tidak jelas ukiran pada uang tersebut karena sudah berkarat.

    "Yang ditemukan sudah 15 kilogram. Ada yang beli datang ke rumah dihargai Rp100.000 sekilo," ungkap Pitono.

    Bendera PKB Berlatar Merah-Putih Dicopoti Satpol PP

    Pemilik Sawah, Samari, mengaku kali pertama menemukan uang kuno pada Senin (14/9). Saat itu, dia menggali tanah untuk meratakan sawah miliknya. "Saya dapat 13 kilogram. Ada yang datang membeli, laku Rp100.000 sekilo," terangnya.

    Kabar penemuan uang kuno akhirnya sampai ke telinga warga. Mereka ikut berburu uang di sawah Samari. Selain uang, warga juga menemukan pecahan tembikar di sawah tersebut.

    "Warga banyak yang ikut mencari koin kuno, saya tidak masalah asalkan bekas galian dikembalikan seperti semula," tandasnya.

    Pengusaha Solo Robby Sumampouw Meninggal Dunia



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.