Warga Kanigoro Madiun Dilatih Bertanam Hidroponik untuk Ketahanan Pangan

Warga di Kelurahan Kanigoro dilatih menanam tanaman dengan metode hidroponik dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar rumah mereka.

Warga Kanigoro Madiun Dilatih Bertanam Hidroponik untuk Ketahanan Pangan Warga Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun mengikuti pelatihan hidroponik, Selasa (3/11/2020). (Istimewa/Pemkot Madiun)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pandemi Covid-19 ini benar-benar menjadi pelajaran untuk menyiapkan ketahanan pangan di tengah masyarakat. Atas kesadaran itu, warga di Kampung Tangguh Semeru, Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, dilatih untuk menanam tanaman hidroponik.

    Warga di kelurahan tersebut dilatih menanam tanaman dengan metode hidroponik dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada di sekitar rumah mereka.

    Lurah Kanigoro, Sumiran, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan di lingkungan masyarakat. Warga juga mendapat bimbingan dari petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun. Selain itu, warga juga mendapatkan bantuan berupa perlengkapan hidroponik.

    Hujan Deras Sebabkan Talud Sepanjang 10 Meter di Madiun Ambrol

    Warga mendapat pelatihan berupa dasar-dasar bercocok tanam dengan metode hidroponik. Seperti pemasangan instalasi hidrponik, bibit tanaman yang cocok untuk ditanam, hingga cara menanamnya.

    “Ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kota kepada masyarakat. Dengan bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa menciptakan ketahanan pangan,” kata dia, Selasa (3/11/2020).

    Sumiran menuturkan tanaman yang dihasilkan dari pola tanam hidroponik ini bisa dimanfaatkan sendiri oleh warga. Selain itu, kalau berlebih sayuran hasil tanam hidroponik ini juga bisa dijual. Sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

    8 Bulan Nganggur, Ratusan Pekerja Seni Geruduk DPRD Madiun

    Dengan mengonsumsi sayuran, tentu akan berdampak pada kesehatan masyarakat. Sehingga imun tubuh juga meningkat. Sehingga bisa tahan terhadap penyakit.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.