WISATA MAGETAN : Perbaiki Fasilitas, Telaga Wahyu Dikucuri Rp600 Juta

WISATA MAGETAN : Perbaiki Fasilitas, Telaga Wahyu Dikucuri Rp600 Juta Panorama Telaga Wahyu, Plaosan, Magetan, Jawa Timur. (Youtube.com)

    Wisata Magetan bakal didukung perbaikan fasilitas Telaga Wahyu yang mendapatkan kucuran dana APBD Rp600 juta.

    Madiunpos.com, MAGETAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur akan menggelontorkan dana APBD setempat senilai Rp600 juta pada tahun 2016 untuk melakukan perbaikan fasilitas di objek wisata Telaga Wahyu yang berada di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Magetan.

    Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Diparbudpora) Magetan, Siran, mengatakan dana tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Magetan tahun anggaran 2016. "Dana iu rencananya akan digunakan untuk pembangunan jogging track dan pavingisasi jalan di pinggir telaga," ujar Siran, Minggu (10/1/2016).

    Menurut dia, sebagian lahan yang ada, telah dikerjakan pada tahun 2015. Rencananya, tahun 2016 ini akan dilanjutkan kembali di semua tepian atau sekeliling telaga.

    "Pembangunan jogging track dan pavingisasi tersebut untuk mempercantik tampilan objek wisata Telaga Wahyu, sehingga diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisata di lokasi setempat," kata Siran.

    Ia menegaskan, pihaknya akan terus melakukan perbaikan dan penambahan sejumlah fasilitas umum, agar Telaga Wahyu semakin nyaman dan layak untuk dikunjungi. Pihaknya mengakui hingga saat ini pengelolaan Telaga Wahyu masih belum maksimal. Lokasi itu masih menjadi tempat pemacingan umum.

    Berbeda dengan Sarangan
    Selain itu, juga terdapat beberapa penduduk sekitar yang telah memanfaatkan lokasi wisata Magetan, Telaga Wahyu, untuk mendapatkan penghasilan dengan membuka persewaan perahu berbentuk bebek yang dikayuh atau lazim disebut becak air. "Konsep yang akan ditawarkan untuk Telaga Wahyu ke depan adalah tempat wisata air yang menitikberatkan pada kegiatan memancing. Hal ini yang membedakan Telaga Wahyu dengan Telaga Sarangan, meski kedua lokasi ini sama-sama berada di lereng Gunung lawu," terang Siran.

    Pihaknya berharap, dengan pembangunan sejumlah fasilitas umum tersebut, Telaga Wahyu mampu menjadi tempat destinasi wisata setelah Telaga Sarangan. Sebab, jika dikelola dengan baik, objek wisata Magetan tersebut dapat menyejahterakan penduduk sekitar dan mendukung pendapatan asli daerah (PAD) di bidang pariwisata.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.