1 Santrinya Positif Covid-19, Ini Langkah Ponpes Gontor

Satu santri positif Covid-19, Ponpes Gontor langsung melakukan tracing ke keluarga santri.

1 Santrinya Positif Covid-19, Ini Langkah Ponpes Gontor Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor 2 di Ponorogo. (detik.com)

    Madiunpos.com, PONOROGO — Menyikapi ada salah satu santrinya yang positif Covid-19, Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor di Ponorogo telah mendatangi keluarga santri tersebut di Sidoarjo. Bersama Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) cabang Sidoarjo, mereka melakukan penelusuran.

    Rapid test juga sudah dilakukan oleh keluarga pasien dan hasilnya negatif. Meski demikian, mereka menjalani isolasi mandiri di rumah.

    “Kami langsung mendatangi rumah orang tua santri di sebuah komplek Sidoarjo, Senin (6/7/2020) malam. Rumahnya memang sudah tutupan dan di pagar tertulis keterangan sedang melakukan isolasi mandiri, mohon kerjasa manya,” kata Pengurus IKPM Cabang Sidoarjo, Fuad Syukri, melalui siaran pers, Selasa (7/7/2020).

    Duh, Bocah 6 Tahun di Ponorogo Tertular Covid-19

    Menurut Fuad, berdasarkan keterangan Ketua RW setempat, orang tua wali santri tersebut seorang karyawan di salah satu bank. “Anak ini berangkat ke pondok pada 17 Juni, sang ayah lalu di swab test pada 22 Juni dan dinyatakan positif. Pada 24 Juni diisolasi di sebuah wisma,” ujar Fuad.

    Sementara, si santri tiba di Ponpes Gontor 2, pada tanggal 17 Juni 2020 lalu bersama IKPM Sidoarjo. “Santri asal Sidoarjo itu membawa surat keterangan sehat dan surat pernyataan telah melakukan karantina mandiri dari 6 Juni hingga 16 Juni. Surat bermaterai dan ditandatangani walinya,” tandas Ketua 1 PP IKPM Gontor, Ustadz Adib Fuadi Nuriz, seperti dikutip dari detik.com.

    Tak Ada Gejala

    Saat tiba di Ponpes Gontor, santri tersebut melakukan aktivitas seperti biasanya dan terpantau dalam kondisi sehat, tidak ada gejala sakit dan keluhan apa pun. “Lalu pada 2 Juli ada info dari Dinkes Ponorogo, ayah dari santri tersebut dinyatakan positif, maka dilakukan swab pada anaknya. Sampel dikirim ke BPLK Surabaya dan anaknya dinyatakan positif pada 4 Juli,” jelas Ustadz Adib.

    Ini Satu-Satunya Kecamatan di Ponorogo yang Masih Zona Hijau

    Atas kondisi ini, pihak ponpes mengimbau kepada wali santri tetap tenang dan tetap mendoakan agar Ponpes terhindar dari berbagai hal-hal negatif.

    “Kami meminta kepada semua wali santri agar tenang dan sabar. Insya Allah semua santri sehat wal afiat dan mari kita sama-sama berdoa memohon kepada Allah SWT agar keluarga besar Pondok Modern Gontor terhindar dari semua mara bahaya,” imbau Wakil Pengasuh Ponpes Gontor 2, Ustadz Hudaya.

    Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menyebut dengan adanya santri positif, maka Ponpes Gontor harus melakukan isolasi.

    239 Pakar Kesehatan Sebut Corona Bisa Menular Lewat Udara, WHO Diminta Ubah Protokol Kesehatan

    “Saat ini dia (Santri) sudah diisolasi di RS, sementara di pondoknya sedang dilakukan tracing terhadap kontak erat. Sementara warga Ponpes Gontor yang ada di dalam tidak diperkenankan untuk keluar pondok, begitu juga tidak diperkenankan menerima tamu/kunjungan untuk keperluan apapun kecuali pemenuhan kebutuhan pokok dan pelayanan kesehatan,” terang Ipong.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.