1 SURA : Jaga Suroan, Polresta Madiun Siaga Penuh

1 SURA : Jaga Suroan, Polresta Madiun Siaga Penuh Ilustrasi konvoi motor perayaan Suroan Agung. (JIBI/Solopos/Antara/Arief Priyono)

    1 Sura di Madiun rawan gangguan keamanan, sehingga Polresta setempat bersiaga penuh.

    Madiunpos.com, MADIUN — Kepolisian Resor Kota (Polresta) Madiun akan melibatkan seluruh anggota yang ada di jajarannya untuk melakukan pengamanan kegiatan tahunan Suroan yang diikuti para pesilat pada Tahun Baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriah atau 1 Sura.

    Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Yulianto, Senin (28/9/2015), mengatakan mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan malam 1 Sura atau Suroan dan Suran Agung di Madiun menjadi sorotan nasional. Hal itu tergolong rawan karena melibatkan massa banyak.

    "Seperti tahun-tahun yang lalu, kegiatan ini memiliki kerawanan karena melibatkan banyak massa dan ini menjadi sorotan nasional. Saya harapkan kepolisian setempat dapat menyesuaikan kegiatan 1 Sura ini," ujar AKBP Agus kepada wartawan di Madiun.

    Menurut dia, sebagai langkah antisipasi terjadinya konflik saat perayaan 1 Suro, polisi akan meningkatkan pengawasan. Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan kepada Kepala Satuan Lalu Lintas yang baru saja menjabat karena mutasi, untuk menindak tegas pelaku pelanggaran lalu lintas, seperti menggunakan knalpot "brong" atau tidak menggunakan helm saat masuk ke wilayah Kota Madiun.

    Ia menambahkan pengerahan seluruh anggota jajarannya untuk pengamanan kegiatan Suroan juga melibatkan unsur lain yang terkait, seperti, TNI, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan pengurus dari perguruan pencak silat yang ada di wilayah Madiun. Polres Madiun Kota juga terus melakukan koordinasi dengan polres lain di sekitarnya untuk memudahkan pelaksanaan pengamanan kegiatan perayaan tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriah.

    Pihaknya berharap kegiatan tahunan Suroan tersebut dapat berjalan aman dan lancar. Ia juga meminta masyarakat ikut terlibat dalam pengamanan kegiatan tersebut.

    Seperti diketahui, terdapat 11 perguruan pencak silat di wilayah Madiun. Mereka telah tergabung dalam Paguyuban Pencak Silat Madiun dan setiap Tahun Baru Islam 1 Muharam selalu melakukan tradisi masing-masing perguruan yang rawan konflik.

     

    KLIK DI SINI untuk Berita Lain 1 Sura:
    - Jadikan Suroan sebagai Daya Tarik Wisata Madiun

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

     



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.