2 Pekan Tanpa Gejala, 47 Napi LP Porong Positif Covid-19 Pulang ke Blok Hunian

Sebanyak 47 narapidana (napi) terkonfirmasi positif Covid-19 asal LP Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo kembali ke ke blok hunian.

2 Pekan Tanpa Gejala, 47 Napi LP Porong Positif Covid-19 Pulang ke Blok Hunian Penghuni LP Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo. (Detik.com/Suparno)

    Madiunpos.com, SIDOARJO -- Sebanyak 47 narapidana (napi) terkonfirmasi positif Covid-19 asal LP Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo kembali ke ke blok hunian. Hal itu dilakukan setelah mereka tidak menunjukkan gejala selama dua pekan.

    Sebelumnya, puluhan napi itu menjalani isolasi di blok G. Mereka lalu dipindahkan ke blok hunian pada Senin (7/9/2020).

    Sebelum dipindahkan, para napi mendapat pengarahan dari Kepala LP Kelas I Surabaya Gun Gun Gunawan, Kasi Perawatan Prayogo Mubarak dan dokter lapas dr Hardjo Santosa.

    Gun Gun mengatakan kebijakan mengembalikan napi ke blok hunian ini sudah sesuai dengan standar atau pedoman yang dikeluarkan WHO. Pedoman itu menyebutkan pasien yang tidak menunjukkan gejala fisik selama 10 hari sejak dinyatakan positif Covid-19 dinyatakan sembuh.

    "Kebijakan ini kami ambil setelah ada diskusi dengan dokter dan dinkes," kata Gun Gun di Lapas Porong seperti dilansir Detik.com, Senin (7/9/2020).

    Tragis! Bayi 11 Bulan Meninggal di Kolam Ikan saat Ditinggal Ibunya Fotokopi

    Ia berpesan kepada para napi agar senantiasa menjaga pola hidup sehat. Mereka juga bisa menjadi agen bagi napi lain untuk menerapkkan imbauan dokter dan LP.

    "Kami tetap kawal. Jika ada napi yang menunjukkan gejala, kami minta kepada napi untuk segera melapor ke pihak lapas," ujar Gun Gun.

    Secara terperinci, ke-47 napi itu terdiri atas 42 napi positif Covid-19 yang diisolasi di blok G, dan lima napi yang dirawat fi rumah sakit dan dinyatakan sembuh.

    Selain itu, saat ini masih ada tujuh napi yang masih menempati blok isolasi. Karena sudah masuk kategori lanjut usia dan memiliki penyakit penyerta. Mereka tetap berada di blok khusus perawatan agar memudahkan pemantauan.

    "Sedangkan empat petugas yang juga dinyatakan positif COVID-19 juga masih diwajibkan menjalankan Work From Home," kata Kasi Perawatan, Prayogo Mubarak.

    KPU Jatim Telusuri Calon Kepala Daerah Positif Covid-19, Siapa Ya?



    Editor : Cahyadi Kurniawan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.