24 Pembudidaya Ikan Catfish Tulungagung Dapat Modal Rp7,4 Miliar

24 Pembudidaya Ikan Catfish Tulungagung Dapat Modal Rp7,4 Miliar Ilustrasi bantuan (Dok/JIBI/Solopos)

    Bantuan modal diberikan kepada pembudidaya ikan catfish di Tulungagung.

    Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan permodalan senilai Rp7,4 miliar kepada sedikitnya 24 pembudidaya ikan air tawar jenis catfish di Kabupaten Tulungagung. Bantuan itu digunakan untuk pengembangan usaha mereka mulai dari hulu hingga hilir.

    Sekda Tulungagung Indra Fauzy di Tulungagung, Minggu (25/3/2018), mengatakan pengembangan sektor hulu dan hilir ini diharapkan bisa menstimulasi para pembudidaya ikan di Tulungagung agar lebih memiliki daya saing dan tidak mudah dipermainkan pasar.

    "Tak hanya dalam menjual hasil panen ikan secara mentah, namun juga bisa memproduksi dalam bentuk olahan dan mencari/mendapat pasar penjualan," ungkap dia.

    Fauzy menekankan kepada para pembudidaya penerima bantuan permodalan agar saling bersinergi dalam penyediaan serta produksi pakan ikan.

    "Kami berharap dan mengusulkan agar kredit permodalan ini tidak hanya untuk sektor perikanan dan kelautan saja, tetapi juga ke sektor-sektor lain," katanya.

    Untuk diketahui, selama ini produksi ikan catfish di Tulungagung tinggi. Besarnya potensi budidaya ikan lele bahkan membuat daerah ini menjadi penyuplai terbesar wilayah Jatim serta beberapa daerah lain di Jateng, Jabar, dan DKI Jakarta serta Bali.

    "Pola pengembangan industri hulu-hilir ini akan terus kami kuatkan supaya bisa diterapkan ke sektor-sektor lain," ujarnya.

    Secara resmi, peluncuran program hulu-hilir agromaritim sektor kelautan dan perikanan sudah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Bantuan permodalan itu merupakan program stimulan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, bekerja sama dengan Bank Jatim.

    Waktu itu, simbolis kredit usaha hulu-hilir agromaritim sektor perikanan dan kelautan diberikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jatim RB Fattah Jasin kepada perwakilan pembudidaya ikan di Kabupaten Tulungagung yang diwakili oleh Siti Nikmaziah.

    "Kami berharap kredit permodalan ini bisa bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya guna dapat meningkatkan kesejahteraan pembudidaya catfish lele dan patin di Tulungagung," ujar Siti Nimaziah.

    Siti Nimaziah berharap kelak Tulungagung benar-benar bisa menjadi sentra produksi olahan berbentuk fillet ikan patin dan lele yang terbaik tingkat nasional.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.