3 Bulan Telaga Ngebel Tutup, Pemkab Ponorogo Kehilangan Potensi Penghasilan Rp600 Juta

Tempat wisata Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo telah kehilangan potensi pendapatan senilai Rp600 juta selama masa pandemi Covid-19.

3 Bulan Telaga Ngebel Tutup, Pemkab Ponorogo Kehilangan Potensi Penghasilan Rp600 Juta Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan alam di Telaga Ngebel, Ponorogo, Selasa (2/6/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Tempat wisata Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo telah kehilangan potensi pendapatan senilai Rp600 juta selama masa pandemi Covid-19. Hampir tiga bulan tempat wisata favorit masyarakat Ponorogo ini tutup total.

    Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ponorogo, Agus Sugiarto, mengatakan sudah tiga bulan kawasan wisata Telaga Ngebel tertutup untuk umum. Selama tutup, tentunya tidak ada pemasukan bagi kawasan wisata ini.

    Rata-rata pendapatan Telaga Ngebel setiap bulannya yaitu sekitar Rp200 juta. Sehingga selama tiga bulan, potensi pendapatan sekitar Rp600 juta pun harus hilang.

    Rencana New Normal di Jatim, Ini Kata Pengamat Ekonomi Unair

    “Padahal ada momen libur Lebaran juga. Biasanya pengunjung membeludak,” ujar dia saat diwawancara Madiunpos.com, Selasa (2/6/2020).

    Agus menuturkan dengan dibukanya kawasan Telaga Ngebel melalui mekanisme uji coba new normal, diharapkan bisa membangkitkan perekonomian di wilayah tersebut. Tentunya pelaksanaan kegiatan di kawasan ini harus mematuhi protokol kesehatan new normal.

    Jumlah Pasien Sembuh Dari Covid-19 di Gresik Terus Bertambah

    “Ini sudah mulai dibuka. Tentu tidak langsung ramai. Setiap pintu pengunjung akan dijaga petugas yang membawa thermo gun dan pengunjung wajib mengenakan masker,” kata Agus.

    Para pelaku usaha wisata yang ada di dalam kawasan wisata juga harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Antara lain seperti harus menyediakan tempat cuci tangan, penjual dan pembeli wajib mengenakan masker, dan tata letak kursi serta bangku tempat makan wajib memenuhi jaga jarak.

    Terendah! BPS Catat Angka Inflasi di Madiun Saat Momen Lebaran 2020 Hanya 0,01%

    “Nanti setiap tempat usaha ini juga akan ditempeli stiker yang berisi tentang aturan-aturan yang harus dipatuhi dan fasilitas yang disediakan tempat makan,” ujarnya sambil menyampaikan tempat kasir harus diberi plastik supaya ada penghalang saat bertransaksi dengan pembeli.

    Selama masa uji coba new normal ini, lanjutnya, baru satu tempat wisata yang dibuka yakni Telaga Ngebel.

     



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.