49 Paus Pilot Terdampar di Pantai Bangkalan, Hanya 3 Ekor yang Hidup

Puluhan paus terdampar di pantai Desa Patreman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan.

49 Paus Pilot Terdampar di Pantai Bangkalan, Hanya 3 Ekor yang Hidup Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas paus pilot yang terdampar di Pantai Patreman, Modung, Bangkalan, Jumat (19/2/2021). (Istimewa/Pemprov Jatim)

    Madiunpos.com, BANGKALAN -- Puluhan paus terdampar di pantai Desa Patreman, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan. Berat badan seekor paus yang terdampar di pantai tersebut mencapai 200 kg.

    Mamalia laut yang terdampar di Pantai Patreman itu diketahui berjenis paus pilot.

    Kapolsek Modung, AKP Suwaji, mengatakan jenis paus yang terdampar tersebut adalah paus pilot. Untuk ukuran badannya, rata-rata paus itu  memiliki panjang antara dua hingga tujuh meter. Sedangkan berat badannya mencapai 200 kg.

    Puluhan Paus Terdampar di Pantai Bangkalan

    “Rata-rata panjangnya empat meter, tetapi ada juga yang sampai tujuh meter. Kalau bobotnya sekitar 200 kg,” kata dia kepada detik.com, Jumat (19/2/2021).

    Dia menuturkan ada 49 paus pilot yang terdampar di pantai ini. Dari puluhan paus yang terdampar itu, hanya ada tiga ekor yang masih hidup. Sedangkan 46 ekor paus lainnya mati.

    “Tadi yang masih hidup langsung dilepas Bu Gubernur dan Pak Bupati,” jelas Suwaji.

    Setahun Bertahan dari Pandemi, Kelurahan Kuncen Madiun Catatkan Kasus Positif Pertama

    Kapolsek menceritakan sebenarnya peristiwa terdamparnya paus di Bangkalan bukan kejadian baru. Sebelumnya peristiwa serupa juga pernah terjadi.

    “Dulu juga pernah ada juga. Tapi sudah lama. Saya lupa tahun berapa,” kata dia.

    Pada peristiwa yang dulu, kata Suwaji, juga ada puluhan ekor paus yang terdampar seperti sekarang. Warga juga sempat menghalau paus tersebut ke tengah laut, tetapi puluhan paus itu kembali lagi.

    “Sama, dihalau tapi kembali lagi dan mati,” jelas Suwaji.

    Puluhan paus yang terdampar di Pantai Patreman pada Kamis (18/2/2021) sebenaarnya juga sempat dihalau oleh warga. Tetapi, puluhan paus itu kembali lagi ke pantai dan akhirnya banyak yang mati.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.