5 Fakta Unik Orang Kidal yang Jarang Diketahui

Orang kidal memiliki fungsi dominan pada tangan kiri untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain fungsi tangan berbeda, ada beberapa fakta menarik tentang orang kidal.

5 Fakta Unik Orang Kidal yang Jarang Diketahui Ilustrasi orang kidal. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Apakah Anda seorang yang kidal? Kidal adalah saat seseorang menulis atau melakukan aktivitas dengan tangan kiri lebih mendominasi. Ada banyak anggapan pada kalangan minoritas ini, mulai dari kondisi tubuh serta beberapa kebiasaan berbeda dibanding masyarakat pada umumnya.

    Faktanya, 10% dari total penduduk dunia adalah orang kidal. Sebagai kaum minoritas, mereka harus hidup menyesuaikan diri dengan kebanyakan gadget, alat tulis kantor, perlengkapan memasak dan berbagai benda lainnya.

    Hanya sebagian kecil populasi orang di dunia ini yang menggunakan tangan kiri. Sehingga orang bertangan kidal memiliki keunikan tersendiri. Dilansir dari klikdokter.com, Senin (18/1/2021), berikut adalah hal-hal menarik tentang orang kidal.

    Pasar di Blitar Ditutup 3 Hari setelah Pedagang Meninggal karena Covid-19

    1. Unggul secara sifat

    Sejumlah pakar menjelaskan bahwa orang kidal memiliki kemampuan memimpin yang baik. Hal tersebut dinilai masuk akal, mengingat orang kidal lebih dominan dalam menggunakan otak kanan yang berperan penting pada sifat kreatif, analitis, verbal, dan linguistik.

    Selain itu, otak kanan yang dominan pada orang kidal juga dipercaya punya andil penting dalam urusan disiplin, akomodasi kelompok, hingga ambisi untuk unggul sejak usia dini.

    1. Memiliki pola pikir yang sedikit berbeda

    Menurut American Psychological Association, 10% dari populasi di dunia adalah orang kidal. Sebuah studi yang tercantum dalam Journal of Mental and Nervous Disease, profesi seperti musisi, pelukis, dan penulis secara signifikan lebih cenderung kidal.

    Waspada! Gunung Semeru Masih Berpotensi Semburkan Awan Panas

    1. Tidak sendirian di antara keluarga

    Beberapa faktor penyebab kidal, antara lain genetika, lingkungan dan memang sudah terlahir seperti itu. Pada kasus faktor genetika, banyak gen yang disinyalir berkontribusi dan berperan penting dalam menetapkan preferensi tangan.

    Tidak heran, sebagian besar anak dari orang tua kidal akan turut menjadi kidal. Jika Anda kidal dan melihat silsilah keluarga, Anda mungkin akan terkejut menemukan sejumlah saudara yang juga kidal.

    1. Risiko masalah kesehatan yang lebih rendah

    Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam Laterality, orang kidal memiliki prevalensi artritis yang lebih rendah. Para peneliti percaya bahwa hal tersebut terkait dengan DNA orang-orang kidal.

    Selain itu, jika Anda menderita stroke atau cedera terkait otak lainnya, penelitian menunjukkan bahwa orang kidal bisa lebih cepat pulih. Pasalnya, fungsi kognitif mereka lebih dominan di otak kanan.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    1. Kontrol diri lebih baik

    Kidal terbukti memiliki kontrol diri yang lebih baik daripada pengguna tangan kanan. Mereka tidak mengalami kesulitan untuk mengendalikan kedua tangannya. Hal ini akan berguna ketika orang kidal dihadapkan pada kondisi yang menuntut kedua tangan harus berfungsi secara optimal.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.