Latah, Ketahui Pengertian dan Jenisnya

Latah adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang mengulangi perkataan atau gerakan orang lain secara spontan saat kaget. Jenis latah pun berbeda-beda setiap orang.

Latah, Ketahui Pengertian dan Jenisnya Ilustrasi latah. (doktersehat.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Mungkin Anda pernah menemui seseorang yang latah saat kaget. Biasanya orang yang latah akan merespon kekagetan mereka dengan gerakan tubuh tertentu atau menyebut kata-kata spontan tertentu.

    Latah adalah sebuah fenomena yang sering ditemukan pada masyarakat Indonesia. Dalam istilah asing, latah disebut dengan jumping frenchmen of maine. Dilansir dari halodoc.com, latah juga dihubungkan dengan kondisi psikologi seseorang. Latah digolongkan sebagai Possession Trance Disorder, yaitu suatu kondisi penggantian identitas baru, yang ditunjukkan lewat perubahan perilaku.

    Orang yang latah akan menunjukkan reaksi yang tidak terduga saat ia merasa kaget. Seseorang yang mengalaminya bisa menunjukkan reaksi berlebihan yang tidak biasa. Mulai dari mengulang kata-kata tertentu, melompat, menjerit, memukul, hingga melempar sesuatu. Tingkat keparahannya akan bervariasi pada setiap orang.

    Sepekan PPKM, Mobilitas Masyarakat Jatim Baru Turun 13 Persen

    Berikut ini 4 jenis latah yang tergolong yang bisa membahayakan:

    1. Ekolalia

    Reaksi latah dengan mengulangi perkataan orang ringan hingga disebut dengan ekolalia. Penyebab terjadinya ekolalia adalah karena sistem indera yang dimiliki pengidap latah, terutama mata, mulut dan telinganya mengalami gangguan. Biasanya pengidap tidak bisa mengontrol reaksinya tersebut.

    1. Ekopraksia

    Jika ekolalia mengulangi perkataan orang lain, ekopraksia adalah reaksi latah yang menirukan gerakan orang lain. Latah jenis ekopraksia dianggap lebih parah dari ekolalia karena sudah melibatkan perilaku orang yang memiliki latah tersebut.

    1. Koprolalia

    Koprolalia adalah kondisi di mana pengidap akan mengeluarkan kata-kata yang dianggap tabu atau kotor sebagai reaksi latahnya. Biasanya orang dengan jenis ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Sebagian orang juga menjadikan latah koprolalia sebagai bahan candaan.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    1. Automatic Obedience

    Kondisi latah  automatic obedience bisa dibilang cukup berbahaya. Orang yang memiliki latah jenis tersebut dapat melaksanakan perintah yang disampaikan orang lain secara spontan. Meskipun perintah yang diberikan berbahaya, bukan tidak mungkin dia akan tetap melakukan perintah tersebut.

    Satu orang bisa memiliki lebih dari satu jenis latah. Latah bisa menimbulkan reaksi bermacam-macam, karena adanya alasan yang berbeda yang melatarbelakangi latah tersebut.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.