5 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Kelengkeng adalah buah kecil yang kaya akan manfaat. Ada beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan.

5 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan Buah kelengkeng. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Apakah Anda pernah mengkonsumsi buah kelengkeng? Buah berukuran  kecil ini memang banyak ditemui di Indonesia. Rasanya yang manis dan segar membuat kelengkeng banyak digemari.

    Kelengkeng memiliki nama latin Dimocarpus longan Lour. Kelengkeng adalah jenis buah yang tumbuh subur di daerah beriklim tropis Asia. Buah ini banyak ditemukan di Tiongkok, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

    Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang mirip dengan buah leci. Kelengkeng sangat rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Karena kandungan nutrisinya, buah kecil ini dipercaya dapat memperkuat daya tahan tubuh.

    Mohamed Salah Tak Nyaman di Liverpool, Ini Alasannya

    Kelengkeng tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, namun juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut ini manfaat kelengkeng untuk kesehatan dilansir dari detik.com, Selasa (22/12/2020).

    1. Meningkatkan imunitas

    Buah kelengkeng adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C ini merupakan antioksidan yang larut dalam air dan memiliki peran penting dalam memperkuat kekebalan tubuh dan menangkal penyakit.

    Vitamin C memiliki kemampuan yang ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas. Konsumsi buah kelengkeng secara rutin dapat membantu membuang racun dalam tubuh dan menangkal radikal bebas.

    1. Mencegah penyakit kronis

    Buah kelengkeng tinggi akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit kronis.

    Mengkonsumsi buah kelengkeng dapat membantu mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko terkena penyakit kronis. Sel-sel tubuh akan terbantu untuk beregenerasi oleh kandungan antioksidan pada buah kelengkeng.

    Ini Jawaban Kevin Sanjaya saat Ditanya soal Gaji

    1. Menjaga kesehatan pencernaan

    Buah kelengkeng segar dan kering memiliki banyak serat. Kandungan serat membantu melancarkan pencernaan dan memudahkan buang air besar.

    Buah ini juga dapat membantu dalam meningkatkan bakteri usus, sehingga menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Konsumsi serat juga dapat mencegah masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit, diare, sakit perut, kembung dan kram.

    1. Meredakan kecemasan

    Kecemasan merupakan salah satu jenis gangguan pada kesehatan mental. Gangguan kecemasan berupa timbulnya perasaan cemas dan ketakutan yang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari.

    Sebuah penelitian menemukan bahwa ada manfaat untuk mengatasi gangguan kecemasan pada buah kelengkeng. Pada pengobatan tradisional China, teh kelengkeng dikonsumsi untuk meredakan kecemasan.

    Jokowi Reshuffle Kabinet, PKB Optimistis Posisi Kader Aman

    1. Menjaga kesehatan kulit

    Buah kelengkeng  memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan rendah kalori. Salah satu kandungannya yang sangat bermanfaat bagi kulit adalah antioksidan dan vitamin C.

    Antioksidan pada buah kelengkeng dapat memberikan kulit yang terlihat bercahaya dan awet muda. Kandungan vitamin C yang tinggi juga akann efektif untuk mengurangi oksidasi yang dapat merusak kulit dan menambah produksi kolagen untuk mengencangkan kulit.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.