5 Tips Agar Hubungan Ayah dan Anak Laki-laki Semakin Dekat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hubungan ayah dan anak laki-laki semakin dekat.

5 Tips Agar Hubungan Ayah dan Anak Laki-laki Semakin Dekat Ilustrasi ayah dan anak laki-laki. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Ayah adalah sosok yang pekerja keras dan bertanggung jawab. Tak hanya ibu, ayah juga memiliki peran penting bagi sang anak.

    Namun, banyak yang beranggapan bahwa anak laki-laki cenderung lebih dekat dengan ibunya. Bahkan tidak jarang anak laki-laki kurang dekat secara emosional dengan ayahnya dan memiliki father issue.

    Banyak penelitian yang membuktikan bahwa didikan dan dampingan seorang ayah sangat mempengaruhi  tumbuh kembang bagi anak. Terlebih lagi bagi anak laki-laki sebagai role model dalam hidupnya.

    Merasa Tak Mirip, tetapi Gisel Akui Ada Kesamaan Gaya dengan Pemeran Video Syur

    Agar hubungan ayah dan anak laki-laki semakin dekat, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan dikutip dari halodoc.com, Kamis (12/11/2020).

    1. Mengetahui permainan kesukaan

    Saat masih kecil, orangtua lebih mudah mengetahui apa saja kesukaan anak seperti permainan, buku yang dibaca, hingga karakter kartun favorit. Semua itu mungkin berubah saat anak beranjak dewasa, tetapi ayah tetap bisa mengetahuinya.

    Cari tahu apa yang dia akses di internet, seperti apa pergaulannya, serta apa saja koleksi buku yang sering dia baca. Setelah mengetahuinya, ayah bisa coba untuk ikut masuk ke dunia anak dan menjadi teman diskusi yang menyenangkan.

    Gunung Lawu Pantangan bagi Warga Bojonegoro dan Cepu Hanya Legenda

    1. Aktivitas di luar ruangan

    Ayah bisa membangun kedekatan dengan anak laki-laki dengan mengajaknya melakukan aktivitas di luar ruangan seperti berolahraga dan bertualang.

    Perhatikan apa saja jenis olahraga atau aktivitas yang disukai anak, kemudian cari celah supaya ayah bisa masuk. Jika anak menyukai sepak bola, sementara ayah adalah penggemar basket, cobalah untuk memilih jenis olahraga yang sama-sama bisa dinikmati seperti berlari atau bersepeda.

    1. Memberi kejutan

    Jarak yang ada antara ayah dan anak laki-laki bisa saja muncul karena kesibukan masing-masing. Jangankan untuk bermain bersama, ayah dan anak mungkin saja tidak lagi memiliki waktu untuk saling bertemu dan ngobrol.

    Saat memiliki waktu luang, cobalah untuk memberi kejutan pada anak. Misalnya, saat ayah tidak memiliki banyak pekerjaan dan anak tidak dalam masa ujian, jemput dia di sekolah kemudian ajak menonton pertandingan olahraga atau sekedar menghabiskan waktu bersama.

    Makassar Digemparkan Buaya Jadi-Jadian, Begini Perlakuan Warga...

    1. Mengajarkan kebaikan

    Tidak harus selalu bersenang-senang, ayah juga bisa membangun kedekatan dengan anak sambil mengajarkan kebaikan. Saat ada waktu luang, cobalah untuk memberi pandangan dan fondasi yang kuat secara spiritual pada anak.

    Ayah juga bisa membagi pengalaman-pengalaman semasa muda, untuk menjadi pelajaran anak dalam menjalani hidup. Ajarkan setiap kebaikan yang ada di dunia, sehingga hidupnya jadi lebih bermakna.

    1. Menghabiskan waktu berdua

    Salah satu cara paling ampuh untuk kembali membangun kedekatan ayah dengan anak laki-laki adalah menghabiskan waktu berdua. Terkadang, tidak perlu melakukan hal apapun. Ayah dan anak bisa menghabiskan waktu yang berkualitas dengnn bercengkrama dan membicarakan hal-hal yang sebelumnya tidak sempat dibahas bersama.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.