Alami Fobia? Ikuti Tips Ini untuk Mengurangi Rasa Takut

Fobia atau rasa takut berlebihan terhadap sesuatu bisa diatasi dengan beberapa cara.

Alami Fobia? Ikuti Tips Ini untuk Mengurangi Rasa Takut Ilustrasi takut terhadap sesuatu. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Setiap orang pasti memiliki rasa takut terhadap suatu hal tertentu. Bahkan dengan hal-hal sederhana seperti melihat karet gelang, ayam, durian, atau bahkan nasi. Rasa takut yang berlebihan tersebut selalu diasosiasikan dengan fobia.

    Saat rasa takut seseorang terhadap suatu hal sudah tinggi, hanya dengan mendengar nama objek yang ditakuti saja bisa membuat mereka cemas dan ketakutan. Mereka pun akan menghindari objek yang ditakuti dan tanpa sadar penghindaran hanya akan membuat fobia menjadi lebih menakutkan dan menyeramkan.

    Mereka yang memiliki fobia lebih baik mencari cara untuk mengatasi ketakutannya terhadap objek atau situasi tertentu. Dilansir dari klikdokter.com, Jumat (18/12/2020), berikut adalah cara-cara menghilangkan fobia yang dapat membantu Anda.

    Heboh! Pria Bergamis Salat di Tengah Jalan Banyuwangi

    1. Hadapi rasa takut

    Cara paling efektif untuk mengatasi fobia adalah dengan secara bertahap dan berulang kali menghadapkan diri pada apa yang Anda takuti, tapi tetap dengan cara yang aman dan terkendali.

    Melalui pengalaman yang berulang dalam menghadapi ketakutan akan membuat Anda mulai menyadari bahwa yang terburuk tidak akan terjadi. Anda pun akan merasa lebih percaya diri dan punya kendali.

    Mulailah dengan situasi yang dapat Anda tangani, lalu tingkatkan tahapannya. Bangunlah kepercayaan diri dan keterampilan mengatasi saat menghadapi ketakutan secara perlahan.

    1. Buat daftar

    Buatlah daftar situasi menakutkan yang berkaitan dengan fobia Anda. Misalnya, jika takut naik pesawat terbang, maka daftar yang dibuat bisa meliputi pemesanan tiket, mengemasi koper, melihat pesawat lepas landas atau mendarat, pergi melewati pemeriksaan keamanan bandara, dan lainnya.

    Dua Polisi Klaim Ditusuk dan Dibacok saat Bubarkan Massa 1812

    1. Urutkan tingkatan rasa takut

    Atur urutan daftar hal-hal yang ditakuti dari yang tidak menakutkan hingga yang paling menakutkan. Saat membuat urutan ini, pikirkan tujuan akhir dan kemudian uraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

    1. Lakukan tahap demi tahap

    Mulailah dengan tingkat pertama. Jangan lanjutkan ke tahap selanjutnya sampai Anda mulai merasa lebih nyaman melakukannya.

    Bila memungkinkan, tetaplah berada dalam tahap pertama sedikit lebih lama agar kecemasan bisa berkurang hingga Anda terbiasa. Setelah terbiasa dan tanpa merasa terlalu cemas, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

    1. Rutin melatih diri

    Semakin sering berlatih, semakin cepat pula kemajuan Anda. Namun, janganlah terburu-buru dan lakukan sesuai dengan kemampuan diri.

    Pada dasarnya, Anda akan merasa tidak nyaman dan cemas saat menghadapi ketakutan. Namun, perasaan itu hanya sementara. Bila Anda terus melatih diri, kecemasan akan perlahan memudar.

    Jokowi: Vaksin Covid-19 untuk Seluruh Rakyat Indonesia, Bukan Hanya Anggota BPJS



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.