Selain Penambah Aroma, Ternyata Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Tak hanya dikenal sebagai penambah aroma ke masakan. Daun pandan juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Selain Penambah Aroma, Ternyata Ini Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan Teh daun pandan. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daun pandan. Daun berwarna hijau ini memiliki aroma yang menyegarkan yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan pada kuliner. Bahkan beberapa orang menanam daun pandan di rumahnya.

    Daun pandan memang paling sering dikonsumsi sebagai penyedap masakan terutama di wilayah Asia Tenggara. Kemudian berkembang menjadi beragam minuman seperti teh daun pandan dan sirup.

    Tidak hanya sebagai penambah aroma, daun pandan juga sering dijadikan pewarna alami. Daun pandan mengandung tanin, glikosida dan alkaloid yang membuat manfaat daun pandan sangat baik untuk kesehatan. Dilansir dari okezone.com dan berbagai sumber lain pada Jumat (18/12/2020), berikut adalah manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh.

    Heboh! Pria Bergamis Salat di Tengah Jalan Banyuwangi

    1. Pereda nyeri sendi

    Obat tradisional banyak menggunakan daun pandan karena bisa meredakan nyeri, terutama arthritis atau nyeri sendi. Peneliti telah menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak daun pandan kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi. Sebagai manfaat tambahan, daun pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga.

    1. Pencegahan penyakit jantung

    Studi mendukung klaim bahwa daun pandan baik untuk jantung. Memang daun pandan ternyata merupakan sumber karotenoid yang sangat baik dan mengandung antioksidan. Ini diketahui dapat mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, penyempitan arteri jantung, karena penumpukan plak.

    1. Obat luka bakar

    Di Asia Tenggara, daun pandan yang dikeringkan dan dihancurkan sering digunakan sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar ringan, sengatan matahari, serta masalah kulit lainnya. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa asam tannic dalam daun pandan memberikan tindakan pendinginan yang cepat untuk luka bakar ringan.

    Dua Polisi Klaim Ditusuk dan Dibacok saat Bubarkan Massa 1812

    1. Mengontrol gula darah

    Mengkonsumsi daun pandan dapat membantu seseorang lebih mengontrol gula darah setelah makan. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan usai makan memiliki gula darah lebih rendah dibanding orang yang tidak mengkonsumsinya.

    1. Menetralkan racun

    Daun pandan memiliki manfaat untuk menetralkan racun. Minuman teh atau jus daun pandan dapat menguras kotoran yang menumpuk di dalam tubuh, sekaligus memiliki manfaat untuk menetralkan zat beracun. Bahkan daun pandan sangat efektif dalam detoksifikasi tubuh, terutama untuk organ hati.

    Daun pandan juga aman digunakan oleh anak-anak sebagai pencahar ringan.

    Jokowi: Vaksin Covid-19 untuk Seluruh Rakyat Indonesia, Bukan Hanya Anggota BPJS



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.