ANGIN KENCANG BLITAR : Puting Beliung Terjang Blitar, Pohon Bertumbangan

ANGIN KENCANG BLITAR : Puting Beliung Terjang Blitar, Pohon Bertumbangan Mobil tertimpa pohon tumbang di kawasan wisata Makam Presiden Soekarno, Kota Blitar, Rabu (27/1/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

    Angin kencang Blitar menyebabkan pohon-pohon bertumbangan.

    Madiunpos.com, BLITAR — Angin kencang yang melanda wilayah kota dan Kabupaten Blitar, Jawa Timur mengakibatkan banyak pohon tumbang. Sebagian pohon tumbang akibat puting beliung Blitar itu ada yang menimpa mobil yang diparkir di bawahnya.

    "Hujan disertai dengan angin kencang dan ada beberapa pohon yang tumbang termasuk di daerah PIPP. Pohon beringin itu menimpa mobil yang parkir di bawahnya," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Blitar Maryoto saat dikonfirmasi, Rabu (27/1/2016).

    Ia mengatakan sebenarnya secara usia pohon tumbang di kawasan Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar itu belum terlalu tua. Dimungkinkan, pohon tidak mampu menahan kuatnya hembusan angin, sehingga tumbang saat diterjang angin kencang.

    Ia juga menambahkan, sebenarnya Pemkot Blitar juga sudah rutin melakukan pemangkasan sejumlah dahan pohon yang sudah tua. Namun, jika tetap saja ada pohon yang tumbang, menurut dia, hal itu terjadi karena faktor alam.

    "Yang jelas, jika saat hujan jangan memarkir kendaraan di bawah pohon. Hal itu mengantisipasi jika ada pohon yang tumbang," harapnya.

    Beberapa pohon tumbang di Kota Blitar itu terjadi di Jl. Bali, Jl. Kalimantan, Jl. A. Yani, termasuk di PIPP Kota Blitar. Pohon yang tumbang itu ukurannya juga besar.

    Akibat pohon tumbang itu, arus lalu lintas di jalur tersebut sempat terganggu. Dahan pohon yang tumbang memenuhi badan jalan, sehingga pengendara pun juga kesulitan melintas.

    Petugas juga langsung bergerak untuk menyingkirkan pohon itu, dengan memotongnya menggunakan mesin potong kayu. Seluruh pohon yang sebelumnya melintang di jalan, dibersihkan, sehingga pengendara pun bisa melanjutkan perjalanan.

    Angin Kabupaten Blitar
    Angin kencang juga memorak-porandakan sebagian wilayah Kabupaten Blitar. Pohon bertumbangan menimpa sejumlah daerah misalnya di Jl. Raya kawasan Kecamatan Kanigoro, Serut, Lodoyo, bahkan wilayah pantai selatan.

    Di kawasan pantai selatan, warung para pedagang di Pantai Tambak, Kabupaten Blitar atapnya banyak yang tersingkap. Selain itu, sejumlah pohon waru di daerah itu juga banyak yang roboh diterjang angin kencang.

    "Anggota sudah ke TKP, saat ini dengan perangkat desa gotong royong. Untuk sementara, korban jiwa nihil," kata Kepala Polres Blitar AKBP Slamet Waloya.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.