Antisipasi Pemudik, GeNose C-19 Disiapkan di Pintu Masuk Ponorogo

Pemerintah Kabupaten Ponorogo bakal menyiapkan alat GeNose C-19 di setiap pintu masuk Ponorogo.

Antisipasi Pemudik, GeNose C-19 Disiapkan di Pintu Masuk Ponorogo Alat pendeteksi Covid-19 GeNose buatan UGM Yogyakarta. (UGM.ac.id)

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Pemerintah Kabupaten Ponorogo bakal menyiapkan alat GeNose C-19 di setiap pintu masuk Ponorogo. Hal ini untuk mengantisipasi kedatangan pemudik saat Lebaran nanti.

    Bupati Ponorogo, Sugiri, mengatakan tidak begitu yakin perantau dari Ponorogo akan mematuhi larangan mudik Lebaran yang dikeluarkan oleh pemerintah. Untuk itu, perlu adanya deteksi dini untuk menekan angka positif Covid-19 dari pemudik.

    Dia menuturkan alat GeNose C-19 ini menjadi alat testing yang tepat untuk mendeteksi penularan Covid-19. Untuk itu, pihaknya akan memasang alat GeNose C-19 ini di sejumlah titik pintu masuk Ponorogo.

    Kikis Kesan Horor, Makam di Kota Madiun Dilengkapi Kebun Sayur, Buah, dan Bunga

    “Nanti akan kita pakai di beberapa titik biar cepat hasilnya. Terutama pada saat menjelang Lebaran. Kami ingin ada skema deteksi karena saya yakin tidak semua saudara kita yang ada dirantau manut pelarangan pemerintah pusat untuk mudik,” kata dia saat menerima bantuan alat GeNose C-19 dari SMK PGRI 2 Ponorogo, Kamis (8/4/2021).

    Saat ini, kata Sugiri, Pemkab Ponorogo sedang berupaya untuk menambah jumlah alat GeNose C-19 . Ini supaya kebutuhan untuk deteksi dini Covid-19 bisa dilakukan.

    Bikin Takut Warga, 6 “Pocong ABG” Blitar Dibawa ke Kantor Polisi

    Meski demikian, Sugiri meminta kepada perantau asal Ponorogo di berbagai daerah untuk bisa menahan diri tidak mudik Lebaran tahun ini. Hal ini bertujuan supaya pandemi bisa segera dikendalikan.

    “Alat ini menjadi salah satu pilihan yang solutif karena tergolong murah bila dibandingkan swab PCR. Selain itu juga cepat. Kurang dari tiga menit. Akurasinya tinggi mencapai 95%,” jelas dia yang dikutip dari rilis Pemkab Ponorogo.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.