Bantu Petani, Pemkot Madiun Anggarkan Rp1 Miliar untuk Pupuk

Pemerintah Kota Madiun mengalokasikan anggaran senilai Rp1 miliar untuk bantuan pupuk bagi para petani pada tahun ini.

Bantu Petani, Pemkot Madiun Anggarkan Rp1 Miliar untuk Pupuk Wali Kota Madiun Maidi saat memanen padi pada musim tanam pertama pada tahun ini di Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Senin (14/2/2022). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun mengalokasikan anggaran senilai Rp1 miliar untuk bantuan pupuk bagi para petani pada tahun ini. Bantuan ini diberikan supaya petani tidak kesulitan saat membutuhkan pupuk.

    Hal itu disampaikan Wali Kota Madiun, Maidi, seusai panen padi perdana di area persawahan Kelurahan Klegen, Kecamatan Kartoharjo, Senin (14/2/2022).

    Maidi menyampaikan selama ini banyak petani yang kesulitan karena harga pupuk sangat tinggi. Bantuan pupuk dari pemkot ini untuk melengkapi bantuan subsidi pupuk dari pemerintah pusat yang selama ini diterima para petani.

    “Tahun ini kita anggarkan Rp1 miliar untuk bantuan pupuk bagi petani. Seluruh petani akan mendapatkan pupuk ini,” kata dia.

    Medsos Jadi Ruang Penyebaran Ideologi Terorisme, Ini 3 Hal yang Dilakukan BNPT

    Wali kota juga meminta kepada para petani di Madiun berinovasi untuk tanaman yang bakal dikembangkan. Selain menanam padi, petani diarahkan untuk menanam tanaman buah atau sayur, seperti pepaya, pisang, cabai, dan lainnya.

    Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Herman Prakoso, mengatakan bantuan pupuk senilai Rp1 miliar ini bakal diberikan kepada 30 kelompok tani yang ada di Kota Madiun. Rencananya, bantuan pupuk ini bakal diberikan kepada petani pada saat masa tanam ketiga.

    “Biasanya kan masa tanam pertama dan kedua, para petani sudah mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat. Jadi, untuk bantuan pupuk dari pemkot ini akan diberikan saat masa tanam ketiga,” jelas dia.

    Bantuan pupuk dari pemkot ini, kata dia, sifatnya gratis dan petani tidak perlu menebusnya untuk mendapatkan. Tetapi, untuk alokasinya per masing-masing hektare akan disesuaikan dengan jumlah ketersediaan pupuk.

    Pekerja Pertamina dan BIN Sediakan 1.500 Vaksin untuk Warga Madiun

    “Kami belum tahu, Rp1 miliar itu bisa dapat berapa ton pupuk. Nanti kan ditenderkan itu. Harganya kan menyesuaikan dengan harga pupuk nanti,” terang dia.

    Bantuan pupuk ini pun mendapat respon positif dari petani. Ketua Kelompok Tani Karya Mulya Kelurahan Klegen, Catur Ambarwati, mengatakan bantuan pupuk tersebut sangat bagus dan membuat lega para petani. Hal ini supaya petani bisa bertahan dan bersemangat untuk bertani.

    “Kita kan tahu ya selama ini pupuk subsidi dari pemerintah pusat banyak dikurangi. Jadi, bantuan dari pemkot ini tentu sangat membantu para petani,” jelas dia. (ADV)



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.