BENGAWAN SOLO : Kualitas Air Bengawan Solo Masih Bagus, Ini Buktinya?

BENGAWAN SOLO : Kualitas Air Bengawan Solo Masih Bagus, Ini Buktinya? Ilustrasi hilir Bengawan Solo di Bojonegoro (JIBI/Solopos/Antara/Aguk Sudarmojo)

    Bengawan Solo di kawasan Bojonegoro, Jawa Timur dianggap memiliki kualitas masih bagus.

    Madiunpos.com, BOJONEGORO – Komunitas Fisherman Fishing Sili Bangkit Kabupaten Bojonegoro menyatakan kualitas air Bengawan Solo di wilayah Bojonegoro dinilai masih bagus. Hal itu dibuktikan dengan ribuan benih ikan yang disebar beberapa waktu lalu rupanya tetap hidup dan berkembang normal di Bengawan Solo.

    "Benih ikan bantuan Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur yang disebar di Bengawan Solo, bisa berkembang normal karena airnya cukup jernih, apalagi didukung makanan yang cukup," kata Ketua Komunitas Fisherman Fishing Sili Bangkit Bojonegoro Darwin, Jumat (31/7/2015) seperti diberitakan Kantor Berita Antara.

    Ia menjelaskan, 250.000 ikan yang terdiri dari tawas, tombro, dan nila tersebut disebar di Bengawan Solo yang lokasinya kerap kali menjadi ajang memancing warga yaitu di utara Pasar Kota, awal Juli 2015 lalu.

    "Saat ini ikannya sudah berkembang cukup besar karena makanan tersedia lebih dari cukup. Berasal dari pembuangan limbah tempat penyembelihan hewan di pasar," jelasnya.

    Menurut dia, anggota Komunitas Fisherman Fishing Sili Bangkit terus melakukan penjagaan perairan Bengawan Solo, baik siang maupun malam. Alasannya, di aerah setempat banyak pencari ikan yang memanfaatkan strum aki atau obat-obatan.

    "Anggota kami cukup banyak. Secara bergantian kami menjaga keamanan benih ikan, baik siang maupun malam," tandasnya.

    Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Bojonegoro Tedjo Sukmono berpendapat jika benih ikan yang disebar mampu berkembang normal, maka kualitas air Bengawan Solo menandakan bagus.

    "Ikan merupakan pemantau alami, yang bisa mendeteksi secara dini adanya pencemaran di sungai," ucapnya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.