Bikin Merinding, Ini Alasan Kenapa Museum Kesehatan Surabaya Disebut Museum Santet

Museum Kesehatan Dr Adhyatma memiliki koleksi beragam alat kesehatan hingga barang berbau mistis dan klenik hingga disebut museum santet.

Bikin Merinding, Ini Alasan Kenapa Museum Kesehatan Surabaya Disebut Museum Santet Koleksi Museum Kesehatan Dr Adhyatma Surabaya. (Istimewa/@surabayasparkling)

    Madiunpos.com, SURABAYA — Viralnya kabar soal angkernya Museum Kesehatan Dr. Adhyatma di Surabaya yang kini dijadikan RS Darurat Covid-19 mengundang rasa penasaran banyak orang terutama warganet.

    Museum yang berlokasi di Jl. Indrapura No 17 , Kota Surabaya, Jawa Timur itu memiliki julukan yang aneh, yakni Museum Santet, selain sering juga disebut RS kelamin.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun Madiunpos.com dari berbagai sumber, Museum Kesehatan dirintis oleh Dr dr Haryadi Soeparto DOR MSc pada tahun 1990-an. Koleksi utamanya adalah barang-barang yang menggambarkan upaya manusia untuk menjaga kesehatan dan alat-alat yang digunakan dalam proses penyembuhan penyakit.

    RS Darurat Covid-19 Ini Memiliki Sejumlah Sebutan, Mulai dari RS Kelamin Hingga Museum Santet

    Sejarah Singkat Museum Kesehatan Dr Adhyatma

    Jadi, Dr Adhyatma adalah seorang Menteri Kesehatan RI yang menjabat di periode 1988-1993, seperti dikutip dari detik.com. Beliau dikenang dengan cara mengambil namanya sebagai nama museum kesehatan ini. Sedangkan, perintis sesungguhnya museum ini adalah Dr. Haryadi Soeparto, asal Rembang, di mana dia adalah seorang dokter umum berdarah biru yang dianugerahi “kelebihan”.

    Sebagai lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, dosen, pengawas dan peneliti LIPI dan Puslitbang, beliau telah memberikan banyak kontribusi terutama di dunia medis dan sejarah kebudayaan. Cara beliau yang menggunakan ilmu medis dan nonmedis telah menolong banyak masyarakat kita terbebas dari berbagai macam penyakit.

    Museum ini sebetulnya dirintis oleh Haryadi sejak tahun 1990. Museum ini dulunya adalah sebuah rumah sakit kulit dan kelamin.

    #Kamis Misteri : 6 Bau Ini Jadi Tanda Keberadaan Makhluk Halus di Sekitarmu

    Pada 14 September 2004, Menteri Kesehatan Ahmad Sujudi meresmikan museum yang juga tidak hanya memamerkan alat-alat kesehatan dari beragam periode. Namun juga, alat alat berbau klenik dan perdukunan seperti alat santet. Santet dinilai ada kaitannya dengan budaya dan perjalanan medis Indonesia. Mungkin karena itu museum ini disebut Museum Santet.

    Dikutip dari sejarahlengkap.com, Objek wisata sejarah ini juga memiliki perpustakaan khusus yang menyimpan beragam literatur tentang kesehatan. Mulai dari sejarah, tokoh, penyakit, peralatan, dan beragam hal lainnya. Tidak hanya berupa buku, perpustakaan ini juga menyimpan dalam bentuk media lain seperti rekaman, video, kaset, majalah, dan lain sebagainya.

    Dr. Adhyatma yang pernah menjabat Menteri kesehatan (detik.com)

    Foto Tokoh Kesehatan

    Ada pula beberapa gambar tokoh penting yang dipajang di museum. Tokoh tersebut misalnya para menteri yang pernah menjabat dari masa ke masa. Ada juga potret para tokoh kesehatan Indonesia dan dunia, dan dokter dunia yang berperan penting pada perkembangan ilmu kesehatan. Seperti Dr. Adhyatma yang pernah menjabat menjadi Menteri Kesehatan RI di tahun 1988 sampai tahun 1993. Kemudian ada pula Nona M. Thomas sebagai dokter perempuan pertama, dan tokoh tokoh lainnya.

    #Kamismisteri: Lima Tempat Angker Di Jawa Timur, Berani Datang?

    Foto M. Thomas, dokter Hindia perempuan pertama di Indonesia (Istimewa/@tirronuq)

    Tidak sekadar itu, di museum kesehatan Surabaya ini Anda juga akan menemukan koleksi wayang yang ternyata juga memiliki peran di bidang kesehatan pada cerita pewayangan. Beberapa tokoh wayang tersebut yaitu:

    • Sadewa yang memiliki kelebihan dalam mengadakan ruwatan sebagai seseorang dapat tertolak oleh bala
    • Limbuk, seorang pemuda yang memiliki sifat peduli terhadap ilmu kesehatan
    • Abiyasa, yang memiliki peran untuk menjadi tabib di istana
    • Krisna, yang mampu menyembuhkan penyakit seseorang dengan menggunakan Bunga Wijaya Kusuma, dan
    • Raden Samba Wisnubrata, yang juga mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit

    Dunia Lain

    Mengutip artikel di detik.com, Museum Kesehatan ini juga memiliki ruangan yang dinamakan Dunia Lain. Pintu klasik ruangan ini yang biasanya dalam kondisi tertutup. Di gagang pintu tergantung sebuah kliping berlakban hitam di pinggirnya. Di sampul depan ada gambar The Suicide Forest Jepang atau Aokigahara.

    Pintu menuju Dunia Lain (detik.com)

    Menurut salah seorang pemandu museum, Dunia Lain adalah ruang kematian. Dulunya ruang jenazah. Sekarang dipakai untuk memajang tulang-belulang dan jenazah yang diawetkan. Jadi, pengunjung bisa mempelajari bagaimana jenazah disemayamkan dengan berbagai cara di Indonesia atau cara pengawetannya bagaimana.

    #Kamismisteri: 4 Tragedi Kecelakaan Pesawat Yang Dikaitkan Dengan Hal Mistis

    Museum ini memiliki banyak ruang yang dibagi menurut jenis koleksi yang dipamerkan. Semua ruang diberi nama depan sasana. Seperti Sasana Adhyatma, Sasana Kencana dan Sasana Kespro. Di antara sasana-sasana itu, ada satu sasana yang kental aura mistis dan klenik, namanya Sasana Budaya.

    Benda-benda mistis juga dipamerkan. (Istimewa/@surabayasparkling)

    Mungkin inilah inti dari apa yang orang-orang bicarakan tentang museum ini yang kerap disebut sebagai Museum Santet. Ruangan yang paling punya “getaran” berbeda dan menyimpan banyak koleksi alat pengobatan dan benda-benda tradisional lainnya.

    Santet

    Menurut pengalaman seorang pengunjung, masuk ke ruangan ini untuk pertama kalinya terasa agak singup atau lembap padahal sinar matahari pukul 12.00 siang menembus masuk kaca-kaca jendela. Koleksi barang-barang santet dan teluh dipajang. Anda bisa mempelajari proses santet yang panjang, hanya untuk menambah wawasan, bukan untuk mempraktikannya.

    #Kamis Misteri: Klampis Ireng, Kerajaan Gaib Di Ponorogo

    Ada juga gambar proses santet ayam di poster dan saat ayam tersebut disembelih, jantung hati ayam itu ada jarumnya. Anda juga bisa melihat langsung jantung ayam itu di sebuah topeles lengkap dengan pengawetnya dan jarum yang masih menancap. Ada juga boneka jerami kecil menyerupai manusia dan di atasnya ada bantalan putih kecil dan ada foto seorang wanita dimana tepat di wajahnya menancap sebuah jarum.

    Ada juga sauna tradisional, kitab-kitab berbagai agama seperti injil, Al-Quran, Taurat, Mormon dan lainnya untuk menangkal ilmu gaib, juga pasung.

    Yang tak kalah seram, keberadaan boneka Jailangkung dan Nini Towok yang dipasang berdampingan di sebuah kotak kayu. Jailangkung digunakan untuk memanggil roh seorang tabib atau dokter untuk mengetahui obat dari penyakit pasien. Biasanya pasien yang menggunakan metode ini, penyakitnya tidak bisa dideteksi oleh dokter dan peralatan medis. Nantinya, roh tersebut akan masuk ke boneka Jailangkung itu dan menuliskan resep pasien.

    #Kamis Misteri: Ini Akibat Yang Bisa Timbul dari Mainan Jailangkung

    Boneka jelangkung dan nini thowok di Museum Keseshatan (Istimewa/@surabayasparkling)

    Di sini kalian juga akan lihat satu kurungan ayam yang berisikan boneka bayi dan rumah adat Timor-Timur berselimuti bulu-bulu ijuk berwarna hitam. Itu adalah rumah bagi orang yang sakit. Sedangkan boneka bayi yang agak seram di dalam kurungan bayi itu adalah metode penyembuhan penyakit seorang bayi yang didoakan oleh sang dukun bayi.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.