#Kamismisteri: Lima Tempat Angker Di Jawa Timur, Berani Datang?

Ada sejumlah tempat yang dikenal angker di Jawa Timur, lima ini yang cukup populer.

#Kamismisteri: Lima Tempat Angker Di Jawa Timur, Berani Datang? Alas Lali Jiwo. (Instagram/gombesalas)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Jawa Timur memang memiliki banyak mitos dan lokasi angker. Yang sempat booming beberapa waktu lalu adalah kisah tentang KKN di desa penari. Lokasinya dirahasiakan, namun banyak yang meyakini itu terjadi di Banyuwangi.

    Bukan hanya Banyuwangi yang memiliki lokasi angker, kota lain di Jatim juga punya dengan kisahnya masing-masing. Tempat horornya pun tak melulu di sebuah lokasi yang jauh dari permukiman penduduk, namun berada di lokasi permukiman penduduk pun ada tempat angker.

    #Kamismisteri: 4 Tragedi Kecelakaan Pesawat Yang Dikaitkan Dengan Hal Mistis

    Berikut 5 lokasi angker di Jawa Timur yang dikutip Madiunpos.com dari Liputan6.com:

    1. Alas Purwo, Banyuwangi

    Alas Purwo di Banyuwangi. (istimewa/liputan6.com)

    Banyuwangi, sebuah wilayah yang berada di ujung timur pulau Jawa. Di sini terdapat Taman Nasional Alas Purwo yang merupakan sebuah hutan cagar alam yang berfungsi sebagai daerah hutan lindung untuk hewan dan tumbuhan di dalamnya.

    Selain sekarang sebagai hutan lindung, Alas Purwo sendiri memiliki kisah mistis bahwa tempat tersebut adalah tempat berkumpulnya para jin. Bahkan beberapa paranormal meyakini bahwa Alas Purwo terdapat kerajaan jin di dalamnya.

    #Kamis Misteri: Mitos Gunung Wilis Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

    Penduduk sekitar pun tak jarang yang melihat sosok penampakan mengerikan, seperti jin, kuntilanak, dan genderuwo.

    2. Rumah Hantu Darmo, Surabaya

    Rumah hantu Darmo di Surabaya. (liputan6.com)

    Siapa yang tak kenal Rumah Hantu Darmo dari Surabaya. Rumah yang kini telah ditinggalkan oleh pemiliknya ini jadi rumah hantu yang terkenal. Lokasinya berada di sekitar kawasan elite yaitu di Jl. Puncak Permai II Nomor 26, Sukomanunggal, Surabaya.

    Rumah Hantu Darmo memiliki kisah bahwa rumah ini adalah hasil pesugihan pemiliknya. Seperti halnya cerita pesugihan, tentu membutuhkan tumbal dan sesajen untuk menjaga kelancaran dan keamanan orang yang menganut pesugihan.

    #Kamis Misteri: Klampis Ireng, Kerajaan Gaib Di Ponorogo

    Pemilik rumah ini sempat tak ingin memberikan tumbal dan sesajen lagi. Dikarenakan tak ingin memberikan tumbal lagi, pemilik dan penghuni rumah ini pun mencoba kabur melalui jalur laut dengan anggapan akan menghentikan kutukan. Namun yang terjadi adalah kapal yang ditumpanginya tenggelam.

    Diketahui kedua penjaga rumah itu juga tewas terbunuh dan kasusnya tidak pernah terungkap. Kabarnya, kedua penjaga itu tewas karena mereka dijadikan sebagai pengganti tumbal yang belum dibayar.

    3. Alas Lali Jiwo, Gunung Arjuna

    Alas Lali Jiwo. (Instagram/gombesalas)

    Lokasi ini bernama Alas Lali Jiwo yang berarti "hutan lupa diri" yang berada di wilayah Gunung Arjuna, Malang. Berada di lokasi sebuah gunung yang digunakan untuk wisata pendakian, tentu alas ini sangat familiar bagi para pendaki gunung.

    #Kamis Misteri: Reng Tua Malem, Sosok Hantu Pesugihan di Madura

    Kita sudah sering mendengar kabar tentang hilangnya pendaki di suatu gunung dan bahkan cerita-cerita mistis ketika seseorang mendaki gunung. Alas Lali Jiwo ini pun punya kisah mistisnya tersendiri seperti para pendaki yang tersesat atau hanya berputar-putar di lokasi yang sama.

    4. Alas Ketonggo, Ngawi

    Ilustrasi Alas Ketonggo Ngawi (Instagram/yudhailhamv)

    Di Banyuwangi ada Alas Purwo, di Ngawi ada Alas Ketonggo atau yang kadang disebut dengan Alas Srigati. Alas Ketonggo diyakini sebagai petilasan Raja Brawijaya. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat untuk sejumlah ritual.

    Sering Terjadi Kecelakaan, Ringroad Madiun Berselimut Kisah Misteri

    Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Ngawi, Alas Ketonggo pada saat pemilu terkadang menjadi tempat untuk ritual para calon anggota legislatif. Ritual tersebut dilakukan dengan cara mandi di aliran sungai di lokasi tersebut.

    5. Wisata Rowo Bayu di Banyuwangi

    Wisata Rowo Bayu (Bumn.go.id)

    Sebuah tempat petilasan dan tempat yang digunakan untuk ritual, tentu menyimpan kisah magis tersendiri. Di mana dibuktikan oleh orang-orang yang tetap datang ke tempat tersebut untuk melakukan sebuah ritual.

    Seperti halnya saat berkunjung ke Rowo Bayu yang sekarang digunakan untuk wisata yang terletak di Dusun Sambungrejo, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Tempat ini diyakini masyarakat sebagai tempat favorit semedi Prabu Tawang Alun pada masa lalu.

    Mengungkap Misteri Sungai Krangkeng Di Madiun Yang Angker

    Rowo Bayu juga erat dengan nilai sejarah. Kini, selain sebagai destinasi wisata alam, tempat ini juga menjadi wisata spiritual. Tidak jarang pengunjung yang datang dengan melakukan spiritual di sekitar petilasan Prabu Tawang Alun.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.