#Kamis Misteri: Mitos Gunung Wilis Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Gunung Wilis memiliki cerita mistis ataupun mitos yang bikin merinding.

#Kamis Misteri: Mitos Gunung Wilis Yang Bikin Bulu Kuduk Merinding Gunung Wilis. (superadventure.co.id)

    Madiunpos.com, MADIUN — Indonesia memiliki banyak pilihan gunung yang indah untuk didaki. Bukan hanya keindahan alamnya yang menjadi dayat tarik gunung-gunung di Tanah Air. Namun juga mitos yang menyelimutinya.

    Seperti halnya Gunung Wilis. Gunung berapi yang terletak di Jawa Timur ini memang menyimpan sebuah cerita mistis atau bisa juga dibilang urban legend bagi kalangan pendaki.

    Gunung setinggi 2.169 meter di atas permukaan laut (mdpl)  ini ternyata juga pernah dilewati oleh Mbah Dirman sapaan akrab Jenderal Besar Sudirman ketika melakukan serangan 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Tak heran apabila kawasan ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, seperti yang dikutip dari superadventure.co.id.

    #Kamis Misteri: Klampis Ireng, Kerajaan Gaib Di Ponorogo

    Lalu, apa sih saja mitos terkait Gunung Wilis? Simak ulasannya berikut.

    Munyuk Bertapa

    Ilustrasi–kera hitam. (wallpaperbetter.com)

    Mitos yang pertama, konon di Gunung Wilis terdapat munyuk alias kera yang sedang bertapa.

    Penampakan makhluk tak kasat mata tersebut memiliki kulit hitam legam dan sekujur tubuhnya dipenuhi bulu berwarna abu-abu. Ia tidak mengenakan baju, hanya kain bawahan hingga lutut. Badannya tidak bergerak sama sekali.

    #Kamis Misteri: Reng Tua Malem, Sosok Hantu Pesugihan di Madura

    Arah badan dari makhluk ini selalu menghadap matahari tenggelam. Hingga kini belum ada yang mengetahui siapakah makhluk ini. Konon, dia telah bertapa selama ratusan tahun lamanya. Namun hanya orang-orang yang memilikki indera keenam yang bisa melihat penampakannya.

    Kuburan PKI

    Monumen Kresek Madiun. (detik.com)

    Bukan rahasia lagi apabila negara kita memiliki sejarah kelam tentang kekejaman PKI. salah satum tempat yang menyimpan kenangan buruk itu ada di lereng Gunugn Wilis. Kuburan korban G30S PKI berada di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun.

    Tepat berada di lokasi tersebut dibangun Monumen Kresek. Ceritanya, pada saat PKI sudah tertekan oleh TNI, mereka pun bergerak ke timur menuju Gunung Wilis namun langkahnya terhenti oleh sungai di Desa Kresek.

    Karena panik, mereka membunuh para tawanan yang mereka bawa dan dikubur di sana.

    Baru Klinting

    Ilustrasi Baru Klinting. (Ponorogo.go.id)

    Mitos berikutnya seputar Gunung Wilis tentunya merupakan makhluk aneh yang masih menyimpan banyak pertanyaan hingga hari ini, yakni Baru Klinting. Baru Klinting merupakan makhluk raksasa yang konon menghuni Telaga Ngebel, sebuah danau alami yang terletak di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Kabupaten Ponorogo.

    #Kamis Misteri: Angkernya Pos Polisi Banyakan di Ngawi

    Makhluk ini berwujud ular berkepala naga yang dahulu sering menampakkan diri kepada nelayan setempat. Gelombang yang dihasilkan sangat besar ketika makhluk itu muncul di permukaan. Konon kehadiran  siluman raksasa ini sering membuat kapal dari para nelayan hampir tenggelam.

    Ki Ageng Ngaliman

     

    Makam Ki Ageng Ngaliman. (eastjava.com)

    Ki Ageng Ngaliman merupakan seorang pertapa sakti yang membangun pertapaan Sadepok yang berada di lereng Gunung Wilis. Tepatnya di atas Air Terjun Singokromo, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

    Konon, Ki Ageng Ngaliman sering bersemedi di sana bersama para muridnya untuk melatih mental dan fisik sebelum melawan Belanda. Namanya menjadi nama puncak dari gunung ini, yaitu Puncak Ngaliman.

    Tak Mampu Beli Buku, Siswa Ini Tulis Pelajaran di Daun Pisang

    Kuburan dari pertapa sakti ini berada di Desa Ngaliman, Nganjuk, dan sering menjadi tempat orang ziarah saat Bulan Sura.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.