Bikin Paspor Mudah di Kantor Imigrasi Madiun, Begini Caranya

Kantor Imigrasi Madiun memberikan kemudahan dalam membuat paspor.

Bikin Paspor Mudah di Kantor Imigrasi Madiun, Begini Caranya Aplikasi IS Madiun dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun. (Abdul Jalil-Madiunpos.com)
    Madiunpos.com, MADIUN -- Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun meluncurkan aplikasi berbasis Android bernama Imigration Smart (IS) Madiun. Aplikasi IS Madiun ini untuk memudahkan masyarakat mengurus paspor dan menangkal aksi percaloan.

    Melalui aplikasi yang bisa diunduh gratis di smartphone ini, masyarakat tidak perlu bersusah payah mengurus paspor. Hanya perlu waktu tiga hari untuk mendapatkan paspor.

    Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun, Yusup Umardani, mengatakan inovasi pelayanan berupa aplikasi IS Madiun ini diciptakan atas keluhan masyarakat. Biasanya dalam mengurus paspor, warga harus bolak balik ke Kantor Imigrasi. Sehingga banyak waktu yang terbuang.

    Selain itu, permasalahan calo pengurusan paspor juga menjadi persoalan yang banyak dikeluhkan masyarakat. Dengan adanya permasalahan-permasalahan itu, aplikasi IS Madiun bisa menjadi solusi.

    Yusup menyampaikan dengan aplikasi ini pemohon paspor bisa langsung mengisi formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan persyaratan.

    "Setelah mengisi permohonan itu. Akan dicek terlebih dahulu oleh tim verifikasi. Verifikasi ini penting karena untuk mengecek kesamaan antara data di KTP, KK, Ijazah, akte kelahiran, atau bukti nikah. Soalnya ini sering ada perbedaan. Tim verifikasi ngecek itu semua," jelas dia, Kamis (10/10/2019).

    Setelah seluruh data dan persyaratan benar, pemohon akan mendapatkan nomor antrean. Selanjutnya pemohon bisa ke kantor Imigrasi untuk malakukan foto dan wawancara.

    Waktu menunggu sampai paspor terbit yaitu sekitar tiga hari dari pembayaran biaya pembuatan paspor. "Melalui aplikasi ini, pemohon juga bisa mengecek
    permohonannya ini berhenti di mana. Itu sudah bisa dilihat. Jadi tidak usah tanya-tanya lagi," jelasnya.

    Pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Kantor Pos. Pemohon yang lokasi rumahnya jauh dari Kantor Imigrasi bisa menitipkan pengambilan paspor di Kantor Pos.

    Sejak diluncurkan tiga bulan lalu, aplikasi IS Madiun ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di luar Madiun. Ada pemohon paspor dari Surabaya sampai Solo. Bahkan setiap bulan rata-rata pengajuan pembuatan paspor bisa sampai 100 orang.

    "Apalagi saat ini ada jalan tol, sehingga masyarakat dari luar Madiun bisa dengan mudah dan cepat untuk mengajukan permohonan paspor," jelas dia.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.