Bukan Mi Telor, Ini Dia Mi Kelor Buatan Tiga Santri Lamongan yang Kaya Khasiat

Tiga Santri SMK Bustanul Hikmah membuat mi berbahan dasar daun kelor.

Bukan Mi Telor, Ini Dia Mi Kelor Buatan Tiga Santri Lamongan yang Kaya Khasiat Santri SMK Bustanul Hikmah mempraktikan cara membuat mie dari daun kelor. (detik.com)

    Madiunpos.com, LAMONGAN — Kreasi tiga santri SMK Bustanul Hikmah, Kecamatan Kembangbahu, Lamongan ini patut diacungi jempol. Mereka sukses memuat mi dari bahan daun kelor yang punya banyak khasiat kesehatan. Rasanya? Renyah dan gurih, tak kalah dari mi biasanya.

    Tiga santri kreatif itu adalah Ninda Nur Safira, Aini Nurul Hidayah, dan Siti Maisyaroh. “Daun kelor selama ini dikenal sebagai daun yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kebanyakan hanya dikonsumsi dalam bentuk sayuran,” kata Ninda Nur Safira, kepada wartawan, Jumat (26/6/2020).

    Menurut Ninda, ide awal pembuatan mi berbahan daun kelor ini berawal dari banyaknya pohon kelor yang tumbuh subur di sekitar pondok pesantren mereka. Muncullah ide untuk mencoba mengganti bahan dasar mi dengan bahan yang lebih sehat dan alami sehingga terciptalah mi daun kelor ini.

    Dituduh Lakukan Santet, Nenek-nenek di Madura Sumpah Pocong

    “Berdasarkan literatur, daun kelor memiliki kandungan vitamin, gizi dan zat antioksidan. Fakta inilah yang kemudian kami kembangkan,” ujar Ninda, seperti dikutip dari detik.com.

    Proses pembuatan mi daun kelor ini, menurut Ninda, cukup sederhana. Pertama, terang Ninda, daun kelor segar yang baru dipetik dicuci bersih untuk selanjutnya dihaluskan mengunakan blender. Setelah halus, daun kelor tersebut kemudian dicampur dengan adonan tepung dan telur serta garam secukupnya hingga adonan mengental.

    “Setelah mengental, adonan kemudian digiling menjadi mi. Dan mi yang sudah jadi kemudian dimasak di dalam air yang sudah mendidih selama lima menit,” tutur Ninda sambil menyebut kalau mi berbahan daun kelor ini pun sudah siap untuk disantap.

    #Kamis Misteri: 9 Tempat Wisata Berbau Mistis di Banyuwangi

    Saat disajikan, mi daun kelor ini pun rasanya enak seperti mi-mi lain yang ada di pasaran. Rasanya juga tetap gurih, renyah, dan tidak terasa kelornya. Istimewanya, mi ini tetap kaya akan kandungan vitamin dan gizi yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh.

    Seperti diketahui, daun kelor memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kadar gula, meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, dan banyak lainnya.

    Buat Makanan Lain

    Mega, sang guru pembimbing para santri ini, mengatakan temuan dan inovasi yang dilakukan oleh para santri ini telah dipatenkan sebagai produk mi kelor karya santri pondok SMK Bustanul Hikmah. Tak berhenti di mi, kata Mega, para santri juga tengah membuat olahan lain dengan tetap berbahan dasar daun kelor.

    Seekor Monyet Alkoholik Tewaskan Satu Orang dan Lukai Ratusan Korban

    “Tidak hanya mi daun kelor yang dibuat, rencananya dalam waktu dekat ini pihak pondok akan membuat bakso tahu dan siomay dari bahan daun kelor yang sangat baik dikosumsi saat pandemi seperti sekarang,” tutur Mega.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.