Bupati Konawe Selatan Datang ke Madiun untuk Belajar dan Beli Benih Porang

Bupati Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Surunuddin Dangga, bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Madiun untuk belajar budidaya tanaman porang.

Bupati Konawe Selatan Datang ke Madiun untuk Belajar dan Beli Benih Porang
    Madiunpos.com, MADIUN -- Bupati Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Surunuddin Dangga, bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Madiun untuk belajar budidaya tanaman porang. Pemkab Konawe Selatan bahkan berencana memborong benih porang varietas Madiun-1.

    Rombongan Bupati Konawe Selatan berkunjung di lokasi budidaya porang milik petani di Kecamatan Saradan. Mereka juga melihat bagaimana petani Madiun menanam dan mengembangkan tanaman porang.

    Surunuddin Dangga mengatakan daerahnya cocok untuk budidaya porang. Sebenarnya, sudah ada petani di Konawe Selatan yang mulai menanam porang. Tetapi benih yang ditanam tidak tersertifikasi.

    "Kebetulan wilayah kami cocok sekali untuk pengembangan porang. Kita ke Madiun ini untuk cari ilmu. Kam ingin melihat. Karena Madiun ini sudah nasional [porangnya]," kata dia seusai berbincang dengan Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, Senin (13/9/2021).

    Surunuddin mengatakan Konawe Selatan memiliki hutan yang luas dan siap ditanami porang. Menurutnya, budidaya porang ini bisa melindungi kawasan hutan. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi menebang pohon. Masyarakat bisa memanfaatkan hasil dari tanaman porang yang hidup di bawah tegakan.

    Dia berharap porang bisa menjadi salah satu produk ekspor andalan. Selain komoditas merica dan kelapa sawit.

    Pemkab Konawe Selatan juga mengaku telah menyiapkan anggaran untuk pembelian benih porang. Dia berencana membeli benih varietas Madiun-1.

    "Saya berharap nanti kalau kita ambil bibit, ada tenaga ahli yang melatih di sana," kata dia.

    Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengatakan Pemkab Madiun akan menyiapkan tenaga ahli untuk memberikan pelatihan kepada petani di Konawe Selatan terkait budidaya porang. Kabupaten Madiun memiliki benih porang bersertifikat bernama varietas Madiun-1.

    "Ini kan kita bicara kerja sama antar-daerah yang tujuannya membuat masyarakat sejahtera. Tadi disampaikan bahwa pak bupati [Konawe Selatan] ingin mensejahterakan yang ada di sana dengan porang," jelas bupati yang akrab disapa Kaji Mbing itu.

    Dia menyampaikan Pemkab Madiun juga siap membantu pemasaran porang yang dihasilkan petani Konawe Selatan. Menurutnya, pasar ekspor porang ini masih terbuka lebar.

    "Nanti tenaga untuk membantu pendampingan kita siapkan dari Dinas Pertanian," kata dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.