Cakepnya Maung, Kendaraan Taktis Buatan Dalam Negeri

PT Pindad memproduksi kendaraan tempur taktis (rantis) bernama Maung.

Cakepnya Maung, Kendaraan Taktis Buatan Dalam Negeri Rantis Maung versi militer buatan Pindad. (twitter)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- PT Pindad (Persero) sukses memproduksi kendaraan taktis (rantis) yang diberi nama Maung. Kendaraan ini dirancang untuk kebutuhan militer. Namun, ke depan publik pun bisa memilikinya.

    Seperti diberitakan detik.com,  Kementerian Pertahanan telah memesan 500 unit kendaraan taktis (rantis) ini. Ke depannya Pindad juga akan membuat rantis Maung versi sipil. "Mungkin nanti kita juga akan masuk ke civilian type ya," buka Direktur Utama Pindad, Abraham Mose, Senin (13/7/2020).

    Secara spesifikasi, tentunya ada perbedaan mendasar antara rantis Maung versi militer dan rantis Maung versi sipil. Rantis Maung untuk konsumen umum akan dikurangi perangkat besi penguat di dalam kabinnya.

    Ini Dia Mobil Listrik Seharga Rp14 Juta!

    "(Di versi sipil-Red) nanti bar-nya akan kita kurangi. Karena kalau yang military type ini rollbar-nya untuk nahan dudukan senjata dan orangnya bisa berdiri. Selain itu tidak pakai model hardtop tapi yang soft, sehingga bisa dibuka untuk nembak," jelas Abraham.

    Varian Maung

    Rantis Maung versi militer buatan Pindad. (twitter)

    Rantis Maung versi sipil akan dijual dalam 3 varian, dengan harga yang berbeda-beda juga. "Yang varian yang digunakan Pak Menhan [Menteri Pertahanan Prabowo] untuk military type sekitar Rp600 jutaan. Kalau civilian type bisa di angka Rp500 jutaan," katanya lagi.

    Anda berminat? Kalau begitu harus bersabar. Menurut Abraham, pemesanan rantis Maung versi sipil ini akan dibuka setelah produksi spek militer selesai.

    Keren! Siswa SMK di Madiun Bikin Mobil Listrik Khusus UMKM

    "Setelah selesai produksi yang military type ini. [Masyarakat bisa pesan rantis Maung versi sipil] di awal tahun depan," tukasnya.

    Sebagai informasi, rantis Maung dibekali mesin turbo diesel 4 silinder 2.400 cc, 6 speed dengan sistem penggerak four wheel drive (FWD). Mobil perang ini juga dilengkapi spek militer dengan bracket senjata kaliber 7,62 dan konsol senapan serbu SS2-V4.

    Ada juga towing 4 buah, termasuk winch (alat penderek) dengan kemampuan menarik beban hingga 4,5 ton. Pun dilengkapi jeriken BBM kapasitas 2 x 20 liter, dengan lampu blackout, dan sistem GPS.

    Bikin Mobil Listrik, Pria Lulusan SMP Asal Jember Ini Hanya Belajar dari Youtube

    Produk Pindad

    Selain rantis Maung, PT Pindad lebih dulu melahirkan beberapa kendaraan tempur (ranpur). Saat ini pabrik kendaraan militer itu aktif memproduksi empat jenis kendaraan khusus yang tersedia dalam berbagai varian. Mobil-mobil tangguh buatan Indonesia itu antara lain Komodo, Anoa, Badak, serta Tank Harimau.

    Selain menghasilkan berbagai ranpur dan senjata, PT Pindad (Persero) juga menyelami industri komersial dan keamanan siber. Di sektor komersial, pabrik ini mampu menyediakan kendaraan berat seperti eskavator, alat pertanian, crane, hingga kapal.

    Pindad telah bekerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri dalam upaya untuk mengembangkan teknologi fungsi kendaraan khususnya kendaraan tempur untuk memenuhi kebutuhan pertahanan dan keamanan nasional.

    Warga Magetan Positif Covid-19, Total Menjadi 123 Orang

    Sebelum menjadi seperti sekarang, BUMN ini memiliki cerita panjang. Sejarahnya, pabrik ini pertama kali berdiri tahun 1808 sebagai bengkel militer Belanda sebelum akhirnya pada tahun 1993 menjadi PT Pindad (Persero).



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.