Enam Langkah Buka Usaha Kuliner Dengan Modal Pas-Pasan

Ada sejumlah langkah yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis kuliner.

Enam Langkah Buka Usaha Kuliner Dengan Modal Pas-Pasan Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Membuka usaha kuliner menjadi bisnis paling mainstream. Meski demikian, bisa dibilang susah-susah gampang menjalankan bisnis kuliner. Kalau tak paham bagaimana bisnis ini berjalan, jangan harap bisa sukses.

    Untuk orang yang suka memasak atau membuat kue, cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil bisa jadi cara untuk meraup keuntungan. Cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil adalah pilihan yang bagus untuk menggabungkan hobi dengan karier.

    Mulai dari masakan tradisional hingga kekinian, usaha kuliner selalu punya banyak peminat. Usaha kuliner juga bisa dibangun dari modal kecil. Dengan konsep dan strategi tepat, cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil bukanlah sebuah kemustahilan.

    Trend Tie Dye Sedang Nge-hits, Begini Tips Mencuci Kaos Tie Dye Kalian Agar Tetap Awet

    Cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil bisa dimulai dari usaha rumahan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dalam cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil ini. Berikut cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil alias pas-pasan seperti dikutip dari liputan6.com, Senin (28/9/2020).

    Tentukan target pasar

    Sebelum menentukan menu, kamu harus memilih target pasar terlebih dahulu. Tentukan siapa yang akan membeli produkmu. Kamu bisa memilih baik kelas menengah ke atas atau kelas menengah ke bawah, orang tua dan anak-anaknya atau remaja.

    Dengan menentukan siapa target pasar, kamu akan tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Misalnya, makanan apa yang ingin kamu sajikan, di mana tempat terbaik untuk membuka usaha, dan layanan seperti apa yang ingin kamu berikan kepada konsumen.

    Memori iPhone Anda Penuh? Lakukan Tips Berikut Ini

    Amati pesaing

    Banyak pengusaha yang tidak menyadari bahwa penelitian ini penting sebelum memulai bisnis kuliner. Dengan mengamati pesaing yang ada, kamu bisa mengungguli pesaing bisnis dengan cara yang mudah. Kamu bisa mencoba usaha kuliner yang sedang ramai atau banyak pelanggannya.

    Perhatikan pelayanan seperti apa yang diberikan. Perhatikan pula lihat apa yang unik dari tempatnya, menu, harga, dan juga cara mereka melakukan promosi. Tuliskan apa pun yang menurutmu dapat ditingkatkan dan diterapkan pada usaha yang akan kamu buka. Dengan cara ini kamu bisa menjadi lebih baik dari bisnis pesaing dalam banyak hal.

    Pilih jenis kuliner

    Pikirkan baik-baik tentang menu dan jenis makanan yang ingin kamu tawarkan. Cari tahu apa tren menu terbaru yang sedang diminati pasar. Kamu dapat fokus pada pasar khusus tertentu. Ini seperti makanan vegetarian, kue, atau minuman kekinian.

    Ada banyak jenis kuliner dengan banyak penggemar. Kamu bisa mencoba salah satu yang menurutmu bisa kamu andalkan untuk dibuat.

    Kendalikan keuangan dan bahan baku

    Banyak pemula dalam bisnis kuliner tidak memiliki manajemen keuangan atau persediaan yang baik. Banyak sekali pemilik usaha kuliner yang akhirnya menimbun bahan mentah sebanyak-banyaknya tanpa menyadari bahwa bahan mentah tersebut cepat busuk.

    Pada akhirnya, metode ini akan menambah kerugian. Kamu bisa mulai mengatur dan mengendalikan keuangan sejak awal usaha. Selain itu, dalam usaha skala kecil, pastikan untuk tidak berlebihan membeli bahan mentah. Bahkan kamu bisa menerapkan sistem PO (pre order) pada usaha kulinermu. Ini bisa menghemat keuangan dan mencegah penimbunan bahan baku.

    Manfaatkan media sosial

    Kini kamu tak perlu membuka toko atau restoran untuk berbisnis kuliner. Pertimbangkan untuk menggunakan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram atau bisnis e-commerce. Pasang banyak gambar produk serta keunggulan dari produk kulinermu.

    Media sosial bisa menjadi cara membuka usaha kuliner dengan modal kecil yang sangat membantu. Dengan media sosial, kamu bisa menghimpun calon konsumen dengan cepat. Instagram dan Twitter misalnya, punya fitur pencarian yang bisa mempermudah orang mencari sesuatu yang diinginkannya.

    Dari media sosial, kamu juga bisa menganalisis calon konsumen. Orang-orang banyak berbagi di media sosial. Ini berarti ada banyak data yang dapat kamu temukan tentang target konsumen.

    Media sosial membantu mempertahankan reputasi bisnis dengan memberi platform untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Semakin cepat kamu merespons, dan semakin baik kamu dapat membantu, semakin besar tingkat kepercayaan konsumen.

    Jalin relasi

    Bisnis kuliner kecil juga bisa maju dari promosi mulut ke mulut. Konsumenlah yang bisa menjamin sebuah usaha kuliner bisa terkenal dan banyak peminat. Dengan menjalin relasi yang banyak, kamu juga bisa menghimpun konsumen yang banyak.

    Kualitas rasa kuliner dan pelayanan bisa jadi acuan kesuksesan untuk menjaring banyak konsumen. Konsumen yang puas dengan kuliner yang ditawarkan akan secara senang hati mempromosikan produkmu ke banyak orang di sekitarnya.

    Jenis-jenis usaha kuliner yang mudah dilakukan

    1. Makanan pedas

    Jika menilik dari usaha-usaha makanan pedas sebelumnya, seperti seblak, ayam geprek, hingga makanan ringan seperti keripik pedas. Makanan-makanan pedas tersebut sukses mendapat hati tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Hal ini yang membuat bisnis makanan pedas makin menjamur dan tak pernah sepi pembeli.

    2. Aneka gorengan

    Kuliner ini begitu merakyat dan banyak dicari orang. Kamu mungkin bisa memberikan beberapa inovasi seperti variasi rasa atau cara penyajian. Tak butuh banyak modal untuk memulai bisnis gorengan ini.

    3. Makanan tradisional

    Indonesia terdiri dari ragam budaya. Budaya inilah yang membuat Indonesia memiliki banyak makanan tradisonal. Kamu bisa mulai usaha kuliner ini dari makanan tradisional daerah asalmu. Tak perlu melulu makanan berat, kamu juga bisa memproduksi camilan seperti seblak, pempek, atau cireng.

    4. Keripik

    Keripik merupakan camilan yang banyak dimakan orang. Keripik dapat mengambil beragam bahan dasar seperti singkong, pisang atau buah-buahan. Pengolahannya pun tak cukup sulit dan cenderung lebih bertahan lama. Keripik juga bisa dipadukan menjadi aneka rasa bahkan keripik pedas begitu digemari orang Indonesia.

    5. Frozen food

    Makanan beku atau frozen food menjadi makanan praktis yang bisa dikonsumsi setiap saat. Jenis frozen food juga sangat banyak. Mulai dari aneka sosis, bakso, daging, ikan, dim sum, nugget, pizza, kebab, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencari supplier frozen food yang terpercaya untuk menjual kembali frozen food pada konsumen.

    Selain menjadi reseller, kamu juga bisa membuat sendiri produk frozen food. Dengan membuat sendiri frozen food, kualitas produk lebih terjamin. Jenis usaha kuliner frozen food ini sangat mudah dikemas dan dikirimkan pada konsumen melalui kurir.

    6. Dessert

    Dessert seperti puding, manisan, es krim bisa jadi pilihan tepat untuk memulai usaha. Ada banyak pilihan dessert kekinian yang bisa kamu coba. Kamu bisa membuat menu dessert box yang bisa dijual secara daring. Varian dessert box seperti Dalgona, Milo, Regal, Kit-Kat juga sedang mencuri perhatian. Dessert ini sangat banyak dijual secara online dan mudah dibuat.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.