Fenomena Bulan Serigala bakal Terlihat Jelas pada Jumat Malam

Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika (NASA), penampakan Bulan Purnama Serigala ini akan sangat cerah sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang.

Fenomena Bulan Serigala bakal Terlihat Jelas pada Jumat Malam Bulan Purnama Serigala atau Wolf Moon. (Philippe Huguen/AFP/Suara.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA - Ada pemandangan bulan menarik di langit pada Jumat malam, 29 Januari 2021. Para ilmuan menyebutnya Bulan Purnama Serigala atau Wolf Moon.

    Menurut Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA), penampakan Bulan Purnama Serigala ini akan sangat cerah sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang. Sebab posisi bulan tepat di seberang matahari.

    Penampakan bulan akan semakin jelas bila pengamat menggunakan teropong atau teleskop. Dengan itu permukaan bulan akan bisa sedikit teramati.

    50 Paket Ganja Diselundupkan dalam Mendol ke LP Lowokwaru Malang

    Fase bulan purnama ini akan terjadi pada pukul 02.16 WIB. Pada saat itu bulan akan berada di konstelasi Cancer. Pada saat itu jarak bulan dari bumi mencapai 381.000 kilometer.

    Jika pada malam itu langit ditutupi awan, pengamat masih dapat melihat bulan purnama melalui tur virtual bulan dengan Moon Trek, yang dikelola oleh Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

    Dengan Moon Trek, pengamat bahkan dapat melihat situs pendaratan bersejarah dari misi Apollo.

    Eks Kades di Gresik Korupsi Rp874 Juta, Rekor di Indonesia

     

    Budaya Amerika

    Penamaan bulan purnama pada Januari sendiri berasal dari Maine Farmer's Almanac, yang memberi julukan pada setiap Bulan Purnama.

    Nama-nama tersebut dikumpulkan dari penduduk asli Amerika, kemungkinan besar dari bahasa Algonquin.

    "Dari apa yang saya pelajari tentang nama-nama tradisional yang diberikan pada Bulan Purnama sebelum pengenalan penunjuk waktu modern, para pemimpin lokal biasanya akan memutuskan nama Bulan berdasarkan kondisi pada saat itu," kata Gordon Johnston, eksekutif program di NASA Headquarters, seperti dikutip dari Live Science, Kamis (28/1/2021).

    Peracik Bumbu Indomie Tutup Usia, Netizen: Terima Kasih Pahlawan Anak Indekos

    Johnston menambahkan budaya tersebut umumnya tidak membutuhkan kalender yang menentukan tanggal pasti jauh sebelumnya.

    Nama Bulan Purnama digunakan untuk menggambarkan dan mengingat apa yang terjadi di masa lalu serta untuk mengingatkan apa yang mungkin akan terjadi dalam waktu dekat.

    Nama Bulan Serigala kemungkinan diambil dari nama Eropa kuno untuk Bulan pertengahan musim dingin.

    Ritual Gandakan Uang Rp120.000 Jadi Rp1 Miliar di Kuburan Dibubarkan Polisi

    Menurut arsip Indian Country Today, nama Sioux untuk Bulan pada Januari diterjemahkan menjadi "serigala lari bersama Bulan".

    Meski begitu, secara ilmu pengetahuan, serigala tidak melolong saat Bulan Purnama muncul.

    Lolongan itu umumnya untuk mengekspresikan salah satu dari dua hal, seperti mengingatkan kelompok saingan yang masuk tanpa izin di wilayah mereka atau untuk memandu serigala yang hilang kembali ke kawanan.

    Doa Enteng Jodoh, yang Jomblo Wajib Baca!



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.