Gedung Kejagung Sengaja Dibakar? Pengamat Intelijen Duga Ada Sabotase

Indikator sabotase sangat jelas yakni kebakaran begitu besar dan cepat serta tidak ada upaya pemadaman dengan sistem pencegahan kebakaran seperti apar (alat pemadam api ringan).

Gedung Kejagung Sengaja Dibakar? Pengamat Intelijen Duga Ada Sabotase Kondisi gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar di Jakarta, Minggu (23/8/2020). (Antara - Galih Pradipta)

    Madiunpos.com, JAKARTA - Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta  menilai kebakaran yang terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung adalah upaya sabotase.

    Hal itu disampaikan Stanislaus Riyanta menanggapi pernyataan Kabareskrim Polri yang memastikan penyebab kebakaran di Gedung Utama Kejaksaan Agung bukan karena arus pendek listrik (korsleting).

    Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo menyebutkan berdasar hasil penyelidikan, ada percikan api di sekitar bahan yang mudah terbakar. Menanggapi hal tersebut, Stanislaus Riyanta menduga kuat hal itu merupakan sebuah sabotase.

    Muncul Pesan Berantai “Pergi ke Surga” di WA, BNPT Minta Masyarakat Waspada

    Menurutnya, indikator yang muncul sangat jelas yakni kebakaran begitu besar dan cepat serta tidak ada upaya pemadaman dengan sistem pencegahan kebakaran seperti apar (alat pemadam api ringan).

    "Sabotase itu bisa merupakan orang dalam atau orang luar yang sengaja diberi akses masuk ke dalam [gedung]," kata Stanislaus Riyanta kepada Bisnis, Kamis (17/9/2020).

    Lebih lanjut, dia menilai munculnya asumsi masyarakat yang akhirnya menghubung-hubungkan dengan dugaan ada dalang besar di balik pelaku pembakaran adalah hal lumrah. Alasannya, jika benar kebakaran tersebut adalah sebuah kesengajaan, pasti ada pihak yang diuntungkan.

    Innalillahi! Peziarah Asal Jombang Meninggal saat Berzikir di Makam Sunan Giri

    "Orang pasti dengan mudah mengaitkan mereka yang berkasus dengan Kejaksaan Agung atau kasusnya sedang diusut di sana, sebagai dalangnya," ujar Stanislaus Riyanta.

    Stanislaus Riyanta mengapresiasi Kabareskrim yang dengan cepat mengumumkan status kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung.

    "Kita harus apresiasi kepada Bareskrim karena dengan cepat dan berani mengumumkan hal ini. Saya kira ini baru pertama kali di Indonesia, mengumumkan dengan terbuka kepada masyarakat," kata dia.

    2 Pesilat Diserang di Sukoharjo, Ini Kata Ketua Umum PSHT Pusat Madiun

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.