Gelombang Awan Bak Ombak Tsunami Hebohkan Makassar

Potret foto dan video itu dikabarkan tertangkap kamera netizen di sekitar wilayah Makassar. Salah satunya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Terlihat gumpalan awan besar dan panjang memenuhi langit.

Gelombang Awan Bak Ombak Tsunami Hebohkan Makassar Fenomena awan berbentuk seperti ombak tsunami menggemparkan publik, Senin (07/12/2020). (Instagram-@makassar_iinfo)

    Madiunpos.com, MAKASSAR – Fenomena awan berbentuk layaknya tsunami menggemparkan publik. Video penampakan awan itu muncul di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/12/2020).

    Video itu viral dan di unggah ulang di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook. Salah satu akun pengunggah video viral awan ini adalah akun Instagram @makassar_iinfo, Senin (7/12/2020).

    Saat ini unggahan itu telah dilihat lebih dari 49.989 pengguna Instagram dan dibanjiri berbagai komentar warganet.

    Selain Mengobati Masuk Angin, Ini Beberapa Manfaat Kerokan untuk Kesehatan

    “Cuaca pagi hari ini 07/12 di wilayah Makassar dan sekitarnya. Kiriman: @irmaaln @ghtfnz @mhammdfhrull @rosmawatiamma @febb.amalia @nellyagustinaa__,” demikian keterangan Instagram @makassar_iinfo.

    Potret foto dan video itu dikabarkan tertangkap kamera netizen di sekitar wilayah Makassar. Salah satunya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Terlihat gumpalan awan besar dan panjang memenuhi langit.

    Dalam video amatir lainnya awan itu juga terpotret di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan. Bahkan, tak hanya di Makassar ternyata penampakan awan itu juga tertangkap kamera di Kabupaten Barru dan Pangkep.

    5 Pengganti Gula Alami yang Baik untuk Kesehatan

     

    Awan Arcus

    Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh madiunpos.com, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Irwansyah Nasution, membenarkan terjadinya fenomena tersebut. “Benar,” katanya singkat, Senin (7/12/2020).

    Irwansyah menjelaskan penampakan awan tersebut terlihat Senin pagi sekitar pukul 07.10 WITA. Setelah kemunculannya barulah turun hujan lebat yang mengguyur Kota Makassar. “Terjadi sekitar 15 menit, setelah itu turun hujan lebat,” papar Irwansyah.

    Menurutnya awan itu adalah awan Arcus. Dilansir dari Bisnis.com, Senin (7/12/2020), awan Arcus sendiri bisa terbentuk jika udara dingin dari dalam sistem badai turun dan menyebar. Udara dingin ini menghambat kenaikan massa udara panas. Ketika udara dingin naik bersamaan dengan udara panas yang lembap, mengalami kondensasi. Kemunculan awan Arcus menjadi tanda adanya angin yang kuat dan hujan lebat akan segera muncul.

    Alhamdulillah, Ketum PBNU Said Aqil Siroj Sembuh dari Covid-19

    Penampakan awan semacam ini menurut Irwansyah bukan kali pertama terlihat di Makassar. Pada awal 2019 lalu pernah terlihat penampakan awan seperti ini juga di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.