Genap 100 Dokter Meninggal Akibat Covid-19, Pemerintah Wajib Lakukan Sesuatu!

Jumlah dokter yang meninggal karena Covid-19 tembus 100 orang, pemerintah didesak melakukan upaya maksimal untuk mencegah kejadian terulang.

Genap 100 Dokter Meninggal Akibat Covid-19, Pemerintah Wajib Lakukan Sesuatu! Ilustrasi Corona (Detik.com)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Sudah 100 dokter di Indonesia meninggal dunia akibat Covid-19 sejak pandemi ini menghantam Indonesia lima bulan terakhir. Terkini, dua dokter dari Medan, Sumatra Utara, yakni Daud Ginting dan Edwin Parlindungan Marpaung, meninggal akibat terpapar Covid-19 pada Minggu (30/8/2020).

    Situasi ini mengundang keprihatinan banyak pihak. Politikus yang juga mantan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, mengingatkan pemerintah akan bahaya Covid-19 yang telah memakan korban jiwa 100 dokter. Dalam cuitannya di akun Twitter @Fahrihamzah, meminta Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan suatu untuk menangani Covid-19. Ia ingin kematian dokter tidak terulang.

    "Menteri @KemenkesRI yth, semalam 1 lagi dokter berpulang karena covid, dr edwin marpaung SpOT (teman sekelas isteri saya di FKUI). Genap 100 org dokter yang gugur sampai saat ini. Cobalah berbuat sesuatu. Krisis ini berbahaya jika menciutkan nyali paramedis kita. @jokowi," tulis Fahri seperti dikutip dari suara.com, Senin (31/8/2020).

    25 Nakes di Bojonegoro Positif Covid-19, 3 di Antaranya Meninggal Dunia

    Fahri memandang, penyebab kematian para dokter beserta tenaga medis bukan hanya karena memiliki penyakit penyerta atau komorbid. Melainkan karena Covid-19 itu sendiri yang hingga kini belum diketahui sepenuhnya.

    "Pak @jokowi yth, Mohon perhatian atas keselamatan dokter dan paramedis. Mereka wafat bukan saja karena comorbid. Tapi karena virus ini masih misterius sebagiannya. Kemungkinan jenis virus ini ada yg ganas sekali. Dokter2 termasuk yg muda berguguran. @KKemenkesRI," ujar Fahri.

    Perincian

    Sementara itu, analis data sekaligus salah satu inisiator Pandemic Talks, Firdza Radiany, juga mengingatkan hal yang sama. Berdasarkan data dari Maret sampai Agustus 2020 sudah ada 100 orang dokter meninggal.

    1 Dokter Positif Covid-19, 30 Dokter dan Perawat RSUD Kota Madiun Jalani Isolasi

    Dalam unggahannya di akun Twitter @firdzaradiany, ia memerinci berapa dokter yang meninggal setiap bulannya. "Indonesia mengheningkan cipta 100 Dokter Meninggal Dunia Akibat Covid-19. Maret: 11, April: 14, Mei: 4, Juni:10, Juli: 30, Agustus: 31. Total : 100 kematian Dokter akibat Covid-19. Selamatkan Dokter Indonesia," tulis Firdza.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.