Gunung Raung Sering Bergemuruh, BPBD Jember Siapkan Jalur Evakuasi

Dalam sehari, suara gemuruh bisa terjadi sampai seratus kali. Bahkan pernah lebih dari itu.

Gunung Raung Sering Bergemuruh, BPBD Jember Siapkan Jalur Evakuasi Gunung Raung (Detik.com)

    Madiunpos.com, JEMBER -- Gunung Raung mulai menampakkan tanda-tanda peningkatan aktivitas. Suara gemuruh sering muncul dari gunung yang masuk dalam tiga wilayah kabupaten tersebut.

    "Sudah sekitar dua pekan terakhir ini tiap malam sering mengeluarkan suara gemuruh. Bahkan kapan hari sempat erupsi dan mengeluarkan abu," kata Kepala BPBD Jember M.Satuki, Sabtu (25/7/2020).

    Dalam sehari, kata Satuki, suara gemuruh bisa terjadi sampai seratus kali. Bahkan pernah lebih dari itu. "Yang jelas, pernah diukur oleh teman-teman, paling sedikit itu 32 kali dalam sehari," terangnya.

    Gunung Raung Erupsi, Tercatat 60 Kali Letusan Kecil

    Menyikapi fenomena ini, BPBD Jember sendiri sudah melakukan langkah-langkah. Yakni mitigasi jika memang aktivitas Gunung Raung mengalami peningkatan signifikan.

    "Kami sudah melakukan mitigasi. Sosialisasi terhadap masyarakat sekitar gunung. Jalur-jalur evakuasi juga kami siapkan. Bahkan kami sudah petakan rumah-rumah yang perlu dikosongkan kalau memang aktivitas Gunung Raung meningkat," terang Satuki.

    Status Gunung Raung dari Normal Jadi Waspada

    Selain itu, BPBD Jember juga melakukan koordinasi dengan kabupaten tetangga. Sebab Gunung Raung juga masuk wilayah Bondowoso dan Banyuwangi.  "Kami koordinasi, baik melalui grup WA mau pun komunikasi melalui channel HT," ujarnya.

    Untuk status Gunung Raung sendiri, sampai saat ini masih di level II. Yakni berstatus Waspada. "Masih tetap di level dua, belum kita naikkan levelnya. Kita lihat perkembangannya," pungkas Satuki.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.