Guru TK Dipecat Gara-Gara Utang Pinjol, Ini Kata Dindik Malang

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Malang tengah menelusuri kasus yang menimpa seorang guru TK yang dipecat gara-gara terlilit pinjaman online (pinjol).

Guru TK Dipecat Gara-Gara Utang Pinjol, Ini Kata Dindik Malang Melati, guru TK di Malang yang diteror 24 debt collector. (Detik.com)

    Madiunpos.com, MALANG -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Malang tengah menelusuri kasus yang menimpa seorang guru TK yang dipecat gara-gara terlilit pinjaman online (pinjol). Sejauh ini dinas pendidikan setempat belum menerima laporan terkait pemecatan guru TK itu.

    Kepala Dindikbud Kota Malang, Suwarjana, mengatakan pihaknya perlu mengetahui secara jelas lembaga pendidikan taman kanak-kanak yang menjadi tempat Melati mengajar. Menurutnya, jika sekolah itu merupakan TK swasta, maka kewenangan ada di yayasan. Sebaliknya, jika TK berstatus di bawah dinas pendidikan maka pihaknya memiliki kewenangan untuk menangani.

    "Sampai detik ini kami belum ada laporan baik dari yang bersangkutan, maupun dari yayasan atau TK yang memberhentikan guru tersebut. Kami sudah menelusuri nama dan alamat termasuk TK-nya, tapi belum ketemu. <span;>Karena itu, kami belum bisa bicara kaitannya dengan itu. Karena kami masih menelusuri, guru itu juga tidak pernah lapor ke kami. Kalau itu TK negeri, maka tak boleh asal memecat guru. Kalau negeri harus ada prosedurnya, tidak boleh langsung memecat dan sebagainya," kata dia, Rabu (19/5/2021).

    Seharusnya, kata dia, sebelum memecat guru itu perlu ada sanksi peringatan pertama. Kemudian peringatan kedua. Peringatan bisa dilakukan secara lisan maupun tertulis.

    Guru TK di Malang yang disebut Melati mengaku diberhentikan dari tempat kerjanya setelah hampir 13 tahun mengabdi sebagai guru pendamping. Sebagai seorang guru, Melati setiap bulan mendapat gaji Rp400.000.

    Melati kemudian meminjam uang di pinjol untuk membayar biaya kuliah S1 di Universitas Terbuka. Hingga akhirnya Melati memiliki utang di 24 aplikasi pinjol. Sedangkan total uang yang harus dibayar mencapai Rp40 juta.

    Atas utang yang menumpuk itu, Melati pun diteror debt collector hingfga nyaris bunuh diri. Bahkan Melati juga dipecat dari tempatnya mengajar.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.