Hanya dari 2 Tempat di Surabaya, BIN Temukan 179 Orang Reaktif Covid-19

BIN menemukan 179 orang reaktif hasil rapid test massal di dua lokasi di Surabaya.

Hanya dari 2 Tempat di Surabaya, BIN Temukan 179 Orang Reaktif Covid-19 Suasana saat tes cepat massal di hari ke-14 yang digelar di halaman Gedung Juang 45 Surabaya, Kamis (11/06/2020). (Antara)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Hanya dengan melakukan rapid test massal di dua tempat di Surabaya, Plaza Marina dan Gedung Juang '45, Badan Intelijen Negara (BIN) menemukan 179 orang reaktif Covid-19. Ini menunjukkan kasus Covid-19 di Surabaya bak fenomena gunung es.

    "Di dua titik itu, totalnya 179 orang reaktif dan ditindaklanjuti dengan tes usap," ujar Head of Medical Intelligence, Dr. Sri Wulandari, di Surabaya, Kamis (11/6).

    Pada pelaksanaan rapid test massal di halaman parkir Plaza Marina diikuti 1.128 orang. Dari jumlah tersebut 103 orang di antaranya reaktif Covid-19. "Yang mengikuti tes usap berjumlah 119 orang dengan rincian 103 orang dari tes cepat dan 16 orang merupakan rujukan puskesmas," ucap Sri, seperti diberitakan Antara.

    Gelar Rapid Test Massal di Surabaya, BIN Temukan 651 Orang Terjangkit Covid-19

    Sementara di lokasi Gedung Juang 45, sebanyak 907 warga mengikuti rapid test dan 76 orang di antaranya reaktif Covid-19. "Kemudian tes usap, ditambah 10 orang berdasarkan rujukan dari puskesmas," katanya.

    BIN masih akan melanjutkan rangkaian tes massal secara maraton di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur tersebut hingga 15 Juni 2020. Kegiatan tes cepat massal didukung tenaga medis, analis laboratorium, dan tenaga pedukung sebanyak 40 orang dari Jakarta dan dibantu 20 anggota BIN Jatim.

    Selain itu, tim Satgas Lawan Covid-19 BIN membawa langsung Mobil Laboratorium Covid-19, ambulans dan peralatan pendukung lainnya. BIN menyiapkan hingga 3.000 alat tes cepat beserta dua unit mobil lab untuk PCR atau tes usap setiap harinya.

    BIN Perpanjang Rapid Test Massal di Surabaya

    BIN juga turut memberikan bantuan ribuan alat-alat kesehatan, seperti mobile lab test PCR hingga alat pelindung diri (APD) lengkap untuk tenaga medis.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.