HARI NATAL 2015 : 350 Polisi Ngawi Siaga Amankan 96 Gereja

HARI NATAL 2015 : 350 Polisi Ngawi Siaga Amankan 96 Gereja Ilustrasi pengamanan Hari Natal (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

    Hari Natal 2015 disongsong Polres Ngawi dengan memperketat pengamanan 96 gereja.

    Madiunpos.com, NGAWI — Petugas Polres Ngawi, Jawa Timur akan memperketat pengamanan di 96 gereja di wilayah hukum setempat pada momentum Hari Natal 2015, Jumat (25/12/2015) pekan depan.

    "Pengamanan akan dilakukan dengan menempatkan personel Polri di gereja-gereja dan sejumlah lokasi lain yang dianggap rawan. Pengamanan juga melibatkan pengurus gereja dan remaja gereja setempat," ujar Kapolres Ngawi AKBP Suryo Sudarmadi kepada wartawan di Ngawi, Kamis (17/12/2015).

    Dalam kegiatan rapat koordinasi pengamanan Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 dengan pengurus gereja, perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ngawi, AKBP Suryo mengatakan, pada tanggal 25 Desember mendatang, sebanyak 7.845 umat Katolik dan Kristen di Ngawi akan merayakan Hari Natal 2015.

    Mereka akan merayakan Natal di 96 gereja yang tersebar di 19 kecamatan di Ngawi. Perinciannya, 85 gereja di antara 96 tempat ibadah itu merupakan gereja besar dan kecil serta 11 lainnya merupakan rumah ibadah.

    Pengamanan akan dilakukan polisi dengan melakukan penyisiran sejumlah gereja yang memiliki jumlah umat banyak. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, umat kristiani yang hendak melakukan misa Natal diimbau tidak membawa barang dan tas yang berlebihan. "Deteksi dini juga dilakukan dalam pengamanan tersebut. Tujuannya, selain mengantisipasi kriminalitas, juga mewaspadai ancaman teror," kata dia.

    Pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan setiap gereja dari unsur intelijen, sehingga diharapkan perayaan Hari Natal 2015 di Ngawi dapat berjalan aman dan lancar.

    350 Polisi Siaga
    Suryo menambahkan, dalam momentum Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 mendatang, Polres Ngawi akan menyiagakan 350 personel. Jumlah tersebut masih ditambah sekitar 60 tentara dari Kodim Ngawi dan 60 anggota Yon Armed 12 Ngawi.

    Peran serta warga Ngawi juga diperlukan dalam mengantsipasi tindakan yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Warga diimbau peka dan melapor ke kantor polisi terdekat jika mengetahui adanya hal-hal yang mencurigakan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Dengan demikian, kondisi wilayah Ngawi selama momentum Hari Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 dapat kondusif, aman, dan damai.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.