Heboh Air Sumur Makam Mendadak Panas, Warga Berdatangan Mencari Kesembuhan

Sumur di makam Sidoarjo mendadak hangat dan berasap membuat warga penasaran.

Heboh Air Sumur Makam Mendadak Panas, Warga Berdatangan Mencari Kesembuhan Warga penasaran dengan sumur di Makam Watutulis yang mendadak panas. (suara.com)

    MAdiunpos.com, SIDOARJO -- Perubahan air sumur di Makam Watutulis, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, dari adem menjadi panas berasap membuat heboh warga. Sumur itu kini banyak dikunjungi warga, baik lokal maupun luar daerah, yang penasaran. Selain itu, air sumur itu juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

    Lokasi makan itu berada di Jl. Raya Untung Surapati. Perubahan air sumur ini kali pertama dirasakan oleh juru kunci makan, Marfai, 58, pada Jumat (27/12/2019). Sore hari itu, ia ingin mencuci tangan dan kaki seusai beraktivitas seharian. Saat diambil, ia kaget air sumurnya terasa hangat.

    "Sumur ini kan biasa digunakan untuk cuci kaki atau tangan kalau selesai dari makam. Saya waktu sore mau cuci kaki tiba-tiba airnya suhunya berbeda, kok hangat, akhirnya saya laporkan," kata Marfai seperti dikutip dari Suara.com, Senin (30/12/2019).

    Ia mengira panasnya air sumur tersebut tak akan berlangsung alam. Sehari berikutnya, ia ambil air sumur itu masih terasa hangat. Kabar perubahan suhu air sumur itu terdengar warga. Mereka pun lantas berdatangan.

    "Sabtu sore sampai malam itu makin ramai orang-orang di sini banyak yang melihat. Mereka melihat-lihat sumurnya, ada yang cuci kaki dan tangan," ujar Maffai.

    Ia mengatakan suhu air mencapai 45 derajat saat kali pertama dirasakan. Suhu air tersebut sempat meningkat sampai mengeluarkan asap.

    Hingga Senin (30/12/2019) siang, masyarakat masih terus berdatangan untuk membasuh muka dan mencuci tangan kaki mereka menggunakan air sumur ini. Banyak dari mereka juga membawa botol minuman untuk mengisi air di bawa pulang.

    "Ramai banget warga warga sini, ya kebanyakan dari Sidoarjo sendiri. Tapi kemarin ada yang paling jauh itu dari Jombang airnya di bawa pulang," kata Marfai kepada Kontributor Suara.com pada Senin (30/12/2019).

    Warga yang ingin menggunakan air tersebut diminta untuk melepas alas kaki dan memberikan sumbangan seikhlasnya.

    Salah satu warga asal Mojokerto, Wiyono, 67, mengaku jauh-jauh datang bersama cucunya untuk merasakan air panas sumur tersebut. Ia tahu kabar soal sumur itu dari televisi. Dia pun langsung berangkat untuk mencobanya.

    "Saya dari Mojokerto diantar oleh cucu saya ke sini untuk mandi air hangat di sumur ini. Saya sakit gatal-gatal sudah lama, mau coba pakai air ini siapa tahu bisa sembuh," katanya.

    Sementara itu, warga lainnya juga memercayai air hangat di sumur tersebut mampu menyembuhkan gatal. Seperti diungkapkan Warga Banjarwungu, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Sunarmi. Ia bersama anaknya datang untuk membasuh kaki dan tangannya untuk mengobati gatal.

    "Saya kan main ke rumah nenek, terus di kasih tau ada sumur ini ya saya datang katanya bisa buat mengobati linu sama gatal. Saya pakai cuci kaki sama tangan. Ini juga saya bawa pulang buat mengobati saudara yang punya sakit gatal juga," ucapnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.