Ini 6 Laboratorium PCR di Jatim yang Digunakan untuk Tes Swab

Ada enam laboratorium di Jawa Timur yang bisa melakukan tes swab Covid-19.

Ini 6 Laboratorium PCR di Jatim yang Digunakan untuk Tes Swab Gubernur Jawa Timur khofifah Indar Parawansa saat mengecek check point tol Ngawi, Minggu (26/4/2020). (Istimewa/Pemprov Jatim)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapatkan bantuan berupa reagen Polymerase Chain Reaction (PCR) kit sebanyak 41.000 dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

    “Alhamdulillah hari ini [Minggu (26/4/2020)] kami sudah mendapat kiriman dari BNPB sebanyak 41.000 reagen PCR kit. Saat ini, kebutuhan PCR kit memang yang paling dibutuhkan karena hasil validitasnya paling tinggi,” kata Gubernur JAwa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam keterangan tertulis yang dikutip Madiunpos.com, Selasa (28/4/2020).

    Khofifah menyampaikan bantuan reagen ini langsung didistribusikan ke laboratorium tes PCR yang ditunjuk untuk melakukan tes swab di Jawa Timur.

    Seorang Lansia Jadi PDP Setelah Keluarganya Mudik dari Surabaya

    Saat ini, di Jatim ada enam laboratorium PCR yang bisa digunakan untuk tes swab. Yaitu Institute of Tropical Disease (ITD)/RS Unair sebanyak 10.000 kit dengan kapasitas 166 tes/hari, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya sebanyak 10.000 kit dengan kapasitas 186 tes/hari.

    RSUD dr. Soetomo sebanyak 5.000 kit dengan kapasitas 240-300 tes/hari, Rumah Sakit Universitas Brawijaya sebanyak 5.000 kit dengan kapasitas 100-150 tes/hari, Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) sebanyak 10.000 kit dengan kapasitas 186 tes/hari, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Surabaya sebanyak 1.000 kit dengan kapasitas 50-100 tes/hari.

    Terminal Madiun Tutup Selama PSBB Surabaya, Seluruh Bus Berhenti Total

    Gubernur menyampaikan dengan dukungan fasilitas di enam laboratorium di Jatim serta reagen PCR kit sebanyak 41.000, maka kenaikan kapasitas laboratorium di Jatim mampu melakukan 1.102 tes swab per hari. Dengan ketersediaan itu, diperkirakan stok reagen aman hingga 37 hari ke depan.

    Reagen PCR ini akan diutamakan bagi mereka yang berisiko tinggi seperti para tenaga medis dan warga yang berstatus PDP serta belum melakukan tes swab.

    Update Covid-19 Ponorogo! Pasien Positif Corona Sembuh Bertambah Satu

    “Dengan tambahan bantuan reagen PCR kit ini, kami berharap proses tes swab lewat PCR bisa dilakukan dengan cepat. Kecepatan ini juga sangat mempengaruhi penanganan wabah Covid-19. tentunya ini bisa membuat masyarakat lebih tenang,” jelas Gubernur.

     

     



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.