Ini Alasan Kenapa Kita Disarankan Makan Kurma, Terutama Saat Ramadan

Kurma kaya akan gizi dan khasiat yang sangat baik dikonsumsi terutama saat ramadan.

Ini Alasan Kenapa Kita Disarankan Makan Kurma, Terutama Saat Ramadan Kurma. (liputan6.com)

    Madiunpos.com, Madiun -- Buah khas apa yang hampir pasti ada saat Ramadan? Hampir semua dari kita akan menjawab kurma. Memang, buah dari Timur Tengah itu sangat identik dengan Bulan Suci Ramadan. Tak ada kurma rasanya Ramadan terasa ada yang kurang.

    Kurma memang istimewa. Rasulullah SAW menyarankan kita untuk sahur dan berbuka dengan kurma. Ternyata, di balik manisnya buah berwarna cokelat kemerahan ini ada banyak kandungan gizi dan manfaat. Apa saja itu, berikut ini manfaat kurma seperti dilansir detik.com:

    1. Bergizi

    Kurma merupakan buah yang kaya akan gizi. Buah ini mengandung beberapa vitamin, salah satunya B6. Selain itu kurma juga mengandung mineral, serat, dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

    Manfaat Luar Biasa ini Bisa Anda Dapatkan Jika Berbuka Dengan Air Kelapa, Coba Kuy!

    2. Kaya akan serat

    Kurma mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu kurma diketahui mengandung tujuh gram serat. Kandungan serat dalam kurma dapat bermanfaat mencegah sembelit, serta melancarkan buang air besar (BAB).

    3. Tinggi kandungan antioksidan

    Dibandingkan buah lain, kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari penyakit. Tiga jenis antioksidan yang terdapat di dalam kurma, di antaranya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik. Ketiganya diyakini dapat menangkal dan mengurangi penyakit kronis, seperti diabetes, alzheimer, jantung, kanker hingga diabetes.

    Rendang Jadi Salah Satu Menu Favorit Berbuka, Mudah Cara Bikinnya

    4. Cegah penyakit alzheimer

    Sebuah studi menemukan bahwa kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin (IL-6) di otak. Kandungan flavonoid pada kurma ini dikenal dapat meningkatkan kesehatan pada otak dan mengurangi peradangan serta mencegah penyakit alzheimer.

    5. Membantu persalinan pada wanita

    Mengkonsumsi kurma pada masa kehamilan dapat meningkatkan dilatasi serviks dan membantu persalinan pada wanita. Kurma mengandung tanin, senyawa yang terbukti membantu memfasilitasi wanita saat mulai kontraksi dan membantu persalinan.

    Ini Menu Sahur Yang Mudah & Praktis, Cocok Untuk Anak Kos

    6. Pemanis alami yang baik

    Kurma mengandung fruktosa yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah. Rasa manis dalam kurma dapat menjadi pemanis alami yang sehat dibandingkan gula putih.

    7. Tingkatkan kesehatan tulang

    Kandungan beberapa mineral dalam kurma, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan ini bermanfaat dapat mencegah osteoporosis pada tulang.

    Jadi..sudahkah ada kurma di lemari makanan mu?



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.