Petugas Kesehatan Bingung Soal Penyebab Nenek 75 Tahun di Batu Positif Covid-19

Tim dari Dinas Kesehatan Kota Batu masih melakukan pelacakan (tracing) terkait riwayat kontak fisik dari nenek berusia 75 tahun itu.

Petugas Kesehatan Bingung Soal Penyebab Nenek 75 Tahun di Batu Positif Covid-19 Ilustrasi Virus Corona (freepik.com)

    Madiunpos.com, BATU -- Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batu, Jawa Timur dibuat bingung dengan satu pasien positif Covid-19. Karena pasien perempuan yang diketahui berusia 75 tahun tersebut tak ke mana-mana atau di rumah saja.

    Beragam dugaan muncul terkait proses penularan virus corona ke pasien nenek berusia 75 tahun tersebut. Apakah warga Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini tertular saat dirawat di RS Karsa Husada atau tertular dari keluarga.

    Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori mengatakan, pihaknya telah melakukan rapid test kepada keluarga terdekat dari pasien sebanyak dua kali. Namun hasil rapid test negatif.

    23 Orang Tanpa Gejala Muncul di Madiun, Masuk Klaster Temboro dan Sukolilo

    "Kami juga tidak tahu, terpaparnya kontak dengan anggota keluarga atau karena mungkin barang yang masuk, ini yang sedang dicari oleh tim kesehatan. Kami perlu tahu dari mana sumbernya karena pasien Covid-19 ini sudah tua dan tidak kemana-mana,” jelasnya, Senin (27/4/2020).

    Ditambahkannya kondisi pasien Covid-19 tersebut memiliki penyakit bawaan dan sudah tua (lanjut usia). Tim dari Dinas Kesehatan masih melakukan pelacakan (tracing) terkait riwayat kontak fisik dari pasien tersebut.

    Google Hapus 100 Aplikasi ini, Sebaiknya Hapus Juga Dari Ponsel Mu

    “Ini yang sedang dicari, melacak lebih luas kepada siapa-siapa yang pernah kontak atau mungkin saudara dari luar kota yang datang menjenguk," sambung dia, seperti dilansir Suara.com.

    Hasil Swab Keluar

    Pasien tersebut lanjutnya, berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan sempat dirawat di Rumah Sakit Karsa Husada, Kota Batu dengan gejala pneumonia dan penyakit bawaan.

    Warga Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini menjalani tes swab, pada Minggu (19/4/2020). Kemudian, pada Selasa (21/4/2020) gejala klinis pada pasien hilang, sehingga menjalani isolasi mandiri di rumah. Namun, pada Sabtu (25/4/2020) saat hasil swab keluar, pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19.

    “Begitu hasil swab keluar yang bersangkutan positif Covid-19 dan nenek tersebut dievakuasi kembali ke RS Karsa Husada,” ujarnya.

    Ini Alasan Kenapa Kita Disarankan Makan Kurma, Terutama Saat Ramadan

    Bertambahnya kasus tersebut, kini total pasien positif Covid-19 di Kota Batu berjumlah tiga orang. Satu pasien telah dinyatakan sembuh dan dua lainnya masih menjalani perawatan.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.