Ini Daftar Lokasi Rawan di Pilkada Serentak Jatim Versi KPU

KPU Jawa Timur (Jatim) memetakan lokasi rawan dalam pilkada serentak di 19 kabupaten/kota 9 Desember mendatang.

Ini Daftar Lokasi Rawan di Pilkada Serentak Jatim Versi KPU Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Gogot Cahyo Baskoro. (ANTARA/Dok KPU Jatim)

    Madiunpos.com, JEMBER -- KPU Jawa Timur (Jatim) memetakan lokasi rawan dalam pilkada serentak di 19 kabupaten/kota 9 Desember mendatang. Hasilnya, Mojokerto dan Tuban masuk ke dalam wilayah rawan konflik kekerasan.

    KPU Jatim membagi tingkat kerawanan itu menjadi beberapa jenis yakni rawan konflik, rawan bencana dan rawan rendah partisipasi pemilih. Hal ini dinilai perlu mendapat perhatian khusus untuk antisipasinya.

    Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro, mengatakan Mojokerto dan Tuban masuk ke dalam wilayah rawan konflik kekerasan. Sebab, konflik ini terjadi pada pilkada sebelumnya.

    "Kemudian daerah rawan bencana seperti Pacitan dan Trenggalek atau daerah yang berada di sekitar gunung api aktif, sehingga perlu ada penanganan khusus untuk distribusi logistik pilkada," kata dia, seperti dilansir Antara, Minggu (6/9/2020).

    Selain itu, sejumlah daerah pelosok seperti Kepulauan Bawean di Gresik dan kepulauan di Sumenep juga perlu mendapat perhatian. Kendala kepulauan berpengaruh pada distribusi logistik.

    Bus Sugeng Rahayu Tabrak Thunder di Madiun, Seorang Pelajar Meninggal

    Partisipasi Rendah

    Kerawanan yang patut diwaspadai yakni rendahnya partisipasi pemilih. Hal ini berkaca pada tingkat partisipasi yang diraih pada Pemilu sebelumnya.

    "Ada tiga daerah yang tingkat partisipasinya rendah seperti Tuban, Surabaya, dan Jember, sehingga diharapkan saat pandemi Covid-19 tidak menjadi kendala bagi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya pada 9 Desember 2020," tutur dia.

    Ada 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang menggelar pilkada serentak tahun 2020 yakni Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasuruan, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang.

    Kemudian Kabupaten Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Kediri.

    Seorang Pria di Blitar Meninggal Dunia Tertabrak Kereta Api



    Editor : Cahyadi Kurniawan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.