Ini Tips Ringan Agar Masker Bekas Tak Sebarkan Virus

Masker yang sudah dipakai jangan dibuang sembarangan karena bisa tularkan virus.

Ini Tips Ringan Agar Masker Bekas Tak Sebarkan Virus

    Madiunpos.com, MADIUN -- Di saat pandemi virus corona atau Covid-19 seperti sekarang, penggunaan masker sangat tinggi. Sebagian besar dari kita menggunakan disposable masker atau masker sekali pakai.

    Tingginya penggunakan masker sekali pakai ini menyebabkan banyaknya sampah masker. Jika tidak ditangani dengan benar, masker bekas ini justru bisa jadi sumber penyebaran virus.

    Mengutip harianjogja.com, seorang konsultan sekaligus dokter penyakit menular di National Centre for Infectious Diseases (NCID), Wong Chen Seong, mengatakan tidak boleh membuang masker sembarangan. Masker yang dibuang dengan tidak benar, terutama kotor bekas dari hasil sekresi pernapasan manusia dan penggunaan jangka panjang, bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan. Ini jika orang lain melakukan kontak dengan bekas masker tersebut.

    Ini Bahayanya Jadi Generasi Rebahan Yang Mager

    "Cara virus dapat ditularkan ke orang lain dengan melalui kontak, yaitu jika orang lain secara tidak sengaja menyentuh masker yang kotor, dan kemudian menyentuh wajah mereka sendiri," kata Wong.

    Sementara seorang ahli penyakit menular di Pusat Spesialis Mount Elizabeth Novena, Leong Hoe Nam, bahkan mengatakan ada kemungkinan masker yang dibuang sembarangan dan terbuka dapat menularkan virus melalui udara. Meski kecil kemungkinannya.

    "Jika terkena udara terbuka, dengan angin kencang, ada risiko kecil aerosolisasi," katanya.

    Enggak Boleh Bertemu, Pengantin Ini Nekat Ijab Kabul Via Video Call

    Aerosolisasi mengacu pada proses di mana zat seperti ludah atau lendir seseorang tersebar dan ditransmisikan melalui udara.

    Bertahan Beberapa Hari

    Para ahli memperkirakan virus itu, ketika dibiarkan terbuka, dapat bertahan selama beberapa jam hingga beberapa hari.

    Wong juga mengatakan bahwa di iklim yang panas dan lembab, virus itu kemungkinan akan bertahan tidak lebih dari dua hingga tiga hari, sementara Leong mengatakan virus itu bisa bertahan selama berjam-jam di permukaan yang terbuka.

    Begini Cara Lihat Kepribadian Orang Lewat Instagram

    Leong menambahkan bahwa kuman dapat bertahan hidup pada masker yang digunakan untuk durasi yang berbeda. Misalnya, bakteri dapat hidup berbulan-bulan hingga bertahun-tahun jika disimpan di tempat yang dingin.

    Cara Membuang Masker

    Menurut Leong, ada beberapa langkah yang harus diambil jika seseorang ingin membuang masker bekas. Seseorang harus selalu mencuci tangan sebelum melepas masker. Ini karena kemungkinan akan menyentuh wajah. Sebab, menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih akan meningkatkan risiko penularan penyakit.

    Setelah itu, lepas masker dan melipatnya menjadi dua ke bagian dalam, sehingga tetesan dari mulut dan hidung tidak terbuka. Kemudian, lipat masker menjadi setengah lagi, lalu setengah lagi, sampai masker terlihat seperti gulungan. Masker juga dapat dibungkus dengan loop telinganya sehingga tidak akan terurai.

    Kelamaan Di Rumah Bisa Ganggu Kesehatan Mental, Ini Cara Mudah Mengatasinya

    Kemudian, Leong mengatakan pengguna harus membungkus masker di selembar tisu, sebelum membuangnya ke tempat sampah.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.