Insomnia Sering Melanda, Begini Cara Mengatasinya

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat penderitanya susah tidur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Insomnia Sering Melanda, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi sulit tidur. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Pernahkah Anda merasakan susah tidur di malam hari walaupun sudah berbaring lama? Beberapa dari Anda pasti pernah mengalami hal ini.

    Keadaan ini disebut dengan insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan tidur atau mempertahankan tidur. Kondisi ini bisa berlangsung dalam jangka pendek (akut) atau bisa berlangsung lama (kronis).

    Seseorang yang mengalami kesulitan tidur akan merasa kurang bergairah dan konsentrasinya menurun. Akibatnya aktivitas di esok hari akan terganggu.

    Tenang, Begini Cara Meredam Emosi

    Penting untuk mengetahui apa penyebab dari insomnia. Sehingga gangguan tidur ini bisa diatasi. Penderita insomnia biasanya memiliki berbagai hal yang menyebabkan kurangnya tidur seperti masalah kesehatan dan masalah pribadi yang mempengaruhi kemampuan tidur.

    Melansir dari halodoc.com, Sabtu (12/12/2020), berikut cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia.

    1. Gaya hidup sehat

    Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu insomnia. Kebiasaan merokok, konsumsi kafein berlebihan, makanan tidak sehat, hingga kurang bergerak bisa meningkatkan risiko gangguan tidur menyerang. Untuk mengatasinya, coba terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi.

    1. Atur jadwal tidur

    Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengatur ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan mempengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

    Agar Bad Mood Teratasi, Konsumsi Nutrisi Ini Yuk

    1. Suasana kamar yang nyaman

    Bisa jadi, insomnia terjadi saat karena suasana kamar yang tidak nyaman. Jika insomnia terjadi secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Anda juga bisa mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

    1. Konsumsi makanan sehat

    Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Sebab, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur  dapat mempengaruhi kualitas tidur.

    Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang tertidur, tetapi tidak bisa sampai membuat Anda terlelap.

    1. Berolahraga

    Mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan serta membuat tidur lebih berkualitas.

    Habib Rizieq Tes Swab Antigen Covid-19, Ini Hasilnya

    1. Segelas susu hangat

    Susah tidur di malam hari salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh. Jika Anda mengatasi susah tidur, cobalah untuk mengkonsumsi segelas susu hangat pada malam hari atau menjelang waktu tidur.

    Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.