Jangan Sampai Salah Ya, Begini Cara Tes Corona Yang Asli

Pengetesan virus corona hanya bisa dilakukan dengan uji swab di laboratorium.

Jangan Sampai Salah Ya, Begini Cara Tes Corona Yang Asli Ilustrasi--Petugas melakukan sterilisasi ruang pubik. (detik.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Banyaknya pemberitaan soal virus corona membuat banyak orang khawatir mereka terpapar virus Covid-19. Banyak orang yang langsung datang ke RS dan meminta dicek corona begitu mengalami gejala flu dan demam.

    Banyak netizen yang membagikan pengalaman mereka soal "tes corona". Padahal menurut dokter, berdasarkan pengalaman yang mereka ceritakan di media sosial itu,ternyata yang mereka lakukan itu bukan tes corona. Padahal mereka sudah mengeluarkan biaya sekitar Rp700.000. Blaik...

    Mengutip detik.com, dalam berbagai unggahan tentang "tes corona", netizen melakukan tes tersebut atas inisiatif sendiri demi mendapatkan surat sehat. Kadang-kadang, atas permintaan perusahaan.

    Corona Menyerang, Kemenag Kota Madiun Pastikan Pemberangkatan Haji 2020 Masih Sesuai Jadwal

    Beberapa pemeriksaan yang dilakukan antara lain mencakup pemeriksaan suhu tubuh, berat badan, tensi, cek darah, serta rontgen paru. Selembar surat keterangan sehat didapatkan setelah menjalani rangkaian pemeriksaan tersebut.

    Menurut dokter penyakit dalam, dr. Dirga Sakti Rambe SpPD, tes yang banyak dibahas di media sosial tersebut dipastikan bukan tes virus corona Covid-19 yang sebenarnya. Tidak lain itu adalah general check up biasa.

    "Selama nggak swab, nggak bisa dipastikan corona," kata dr. Dirga.

    Sementara Ini Jangan Ziarah Ke Makam Gus Dur Dulu, Ini Alasannya

    Cek swab adalah cek usapan lendir saluran napas yang diperiksa di laboratorium. Dalam berbagai testimoni "tes corona" yang viral, tes ini tidak pernah disebutkan.

    Jadi seperti apa tes corona yang sebenarnya? Berikut rangkumannya:

    1. Tes swab

    Tes swab merupakan proses pengambilan sampel lendir dari saluran pernapasan. Caranya dengan mengusap tenggorokan melalui mulut dan hidung.

    Hal ini dilakukan karena virus corona sama seperti flu, yaitu menyerang saluran pernapasan, sehingga hasil dari sampel tersebut akan diuji kebenarannya di laboratorium.

    2. Sampel spesimen akan di bawa ke laboratorium

    Sampel yang telah dikumpulkan akan disimpan di dalam tabung atau botol steril dan akan dikirim ke laboratorium untuk diuji. Pengirimannya pun tak bisa dilakukan secara sembarangan, karena suhu dari sampel spesimen harus dijaga agar tetap dingin.

    Menurut Food and Drug Administration (FDA), waktu pengiriman spesimen tak boleh melebihi 72 jam. Karena jika terlalu lama virus dan materi genetik di dalam spesimen akan menurun, dan bisa menyebabkan hasil yang kurang valid.

    3. Sampel akan diuji

    Setelah tiba di laboratorium, para teknisi akan melakukan serangkaian uji tes pada sampel spesimen dengan prosedur RT-PCR. Nantinya spesimen tersebut akan ditelusuri apakah mengandung jejak genetik dari virus corona atau tidak.

    Apabila hasil tes tersebut mengatakan terdapat virus corona di dalamnya, para teknisi pun harus melakukan pengecekan ulang agar hasilnya bisa dikatakan valid.

    4. Berapa lama tes ini berlangsung?

    Umumnya hasil tes corona dengan metode RT-PCR akan keluar dalam waktu kurang dari 24 jam.

    Nah, sekarang kalian sudah paham kan.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.