Jenis Teh Ini Dipercaya Membantu Meringankan Gejala Asma

Teh yang kaya antioksidan ternyata bisa membantu meredakan gejala asma.

Jenis Teh Ini Dipercaya Membantu Meringankan Gejala Asma Secangkir teh tanpa pemanis kaya akan antioksidan yang memperbaiki sel dalam tubuh. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Teh dipercaya sebagai minuman yang menyehatkan. Secangkir teh tanpa pemanis kaya akan antioksidan yang membantu mencegah penyakit kronis dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh. Bahkan teh juga dipercaya mampu meredakan gejala asma.

    Penelitian menunjukkan bahwa ada ribuan herbal dan rempah-rempah yang digunakan dalam bentuk teh selama berabad-abad untuk mengatasi masalah pernapasan.

    Jika Anda mengalami gejala asma ringan, beberapa jenis teh berikut ini dapat membantu untuk meredakannya, seperti dilansir dari Boldsky yang dikutip Antara, Jum’at (18/9/2020).

    1. Teh hitam

    Teh hitam adalah minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Teh ini berasal dari tanaman Camellia sinensis. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam mengandung kafein, yang dapat membantu melemaskan saluran udara dan meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini juga dapat meredakan gejala asma untuk sementara.

    4 Sayur Ini Dianggap Tersehat dan Mampu Melindungi Dari Berbagai Penyakit, Apa Saja?

    2. Teh hijau

    Teh hijau menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi yang juga berasal dari tumbuhan Camellia sinensis. Teh hijau penuh dengan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat.

    Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG). Ini sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu menurunkan peradangan saluran napas pada tikus dengan asma bronkial. Selain itu, teh hijau mengandung kafein yang dapat meningkatkan fungsi saluran udara hingga empat jam pada pasien asma, sehingga memberikan kelegaan sementara.

    3. Teh jahe

    Jahe (Zingiber officinale) adalah bumbu terkenal yang dikemas dengan nutrisi dan senyawa bioaktif. Studi tabung reaksi menggunakan sel manusia telah menemukan bahwa gingerol dan shogaol, dua senyawa penting yang ada dalam jahe dapat membantu memerangi asma dengan menurunkan peradangan saluran udara.

    Kulit Tangan Terasa Kering? Masker Alami Berikut Bantu Mengembalikan Kesehatan Kulit

    4. Teh kayu putih

    Daun pohon eukaliptus digunakan untuk membuat teh kayu putih dan minyak esensial kayu putih. Teh kayu putih mengandung antioksidan dan senyawa tanaman seperti kayu putih atau juga dikenal sebagai cineole, yang telah terbukti membantu meredakan gejala asma. Studi lain juga menunjukkan bahwa aktivitas antiinflamasi kayu putih dapat membantu gejala asma.

    5. Teh licorice

    Teh licorice yang terbuat dari akar tanaman licorice (Glycyrrhiza glabra) digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati macam penyakit termasuk asma.

    Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak glycyrrhiza dari akar licorice dapat membantu meringankan gejala asma. Terutama bila dikombinasikan dengan pengobatan asma saat ini. Namun, studi penelitian manusia masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.